Helikopter Ruang Angkasa Pertama, Ingenuity Sedang Menuju Mars untuk Ekplorasi

- 1 Agustus 2020, 19:30 WIB
Ingenuity, Helikopter penjelajah di Mars. / NASA /

SEMARANGKU - Helikopter pertama yang dirancang untuk terbang di planet lain sekarang sedang menuju Mars. Helikopter Mars NASA, yang disebut Ingenuity, sedang menumpang penjelajah Perseverance, menuju planet Mars, terbang menggunakan roket Atlas V dari Pangkalan Angkatan Udara Cape Canaveral Florida pada tanggal 30 Juli 2020.

Ingenuity akan menghabiskan enam bulan ke depan dalam perjalanan ke Mars. Misi dijadwalkan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021, dan dalam beberapa bulan ke depan, pesawat berotor tersebut  akan mencoba penerbangan pertama di atmosfer planet lain.

"Kita sebagai manusia tidak pernah terbang atau naik helikopter di luar atmosfer Bumi kita sendiri, jadi ini sebenarnya akan menjadi momen Wright Bersaudara yang berada di planet lain," Mimi Aung, manajer proyek Helikopter Ingenuity Mars NASA, mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada hari Selasa (28 Juli).

Baca Juga: NASA Akan Luncurkan Perserevance dengan Misi Mencari Kehidupan di Planet Mars

Baca Juga: Tiongkok Telah Pindahkan Roket dalam Posisi Siap Luncur ke Mars

Sementara NASA dan agensi antariksa lainnya di seluruh dunia telah mengirim pendarat, pengorbit dan penjelajah ke Planet Merah, belum ada yang mencoba menerbangkan pesawat di planet lain sebelumnya.

Di Mars atmosfernya jauh lebih tipis daripada di Bumi, yang berarti ada lebih sedikit udara untuk menghasilkan daya angkat dan lebih banyak tantangan teknis dalam merancang mesin yang akan tetap bisa terbang tinggi.

"Menerbangkan helikopter di Mars sangat sulit. Pertama dan terpenting, atmosfer di sana sangat tipis, sekitar 1% dibandingkan dengan kepadatan atmosfer Bumi di sini," kata Aung dikutip dari Space.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Luncurkan Misi ke Mars, Hope akan Eksplorasi Panet Merah

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Space


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X