NASA Akan Luncurkan Perserevance dengan Misi Mencari Kehidupan di Planet Mars

- 28 Juli 2020, 11:00 WIB
Perserevance, Rover milik NASA yang akan ke Mars. / NASA /

SEMARANGKU - Kendaraan penjelajah Mars Perseverance milik NASA akan diluncurkan pada Kamis, 30 Juli. Menurut NASA misinya adalah perjalanan yang dirancang untuk mencari bukti astrobiologis kehidupan mikroba purba di Mars.

Peluncuran ini dijadwalkan 7:50 pagi Waktu Bagian Timur (7:50 malam waktu BJT) Kamis,dengan roket pembawa United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Misi penjelajahan menyelesaikan review persiapan penerbangan pada hari Rabu, dan dijadwalkan untuk memiliki kesiapan peluncuran pada hari Senin, pemeriksaan Perserevance secara signifikan terakhir sebelum misi menerima persetujuan akhir untuk melanjutkan peluncuran.

Baca Juga: Indonesia Tetap Beli Pesawat Tempur Sukhoi Su-35 Bikinan Rusia, Meski Dilarang Amerika

Dikutip dari CGTN, Perserevance memiliki ukuran sebesar mobil, sekitar tiga meter, lebar 2,7 meter dan tinggi 2,2 meter, dengan berat 1.025 kilogram. Setelah perjalanan tujuh bulan, rover ini akan mendarat di Jezero Crater di Mars pada 18 Februari 2021. Di sana, Perserevance akan mengumpulkan sampel batuan dan tanah kemudian kembali ke Bumi.

Ingenuity, Helikopter penjelajah di Mars. / NASA
Ingenuity, Helikopter penjelajah di Mars. / NASA

Ini sekaligus juga menyelidiki karakter iklim dan geologi planet dan membuka jalan bagi eksplorasi manusia di Planet Merah.

Perserevance akan menjadi pesawat ruang angkasa NASA kesembilan yang mengunjungi permukaan Planet Merah, dan yang pertama yang termasuk mengumpulkan sampel Mars untuk kemudian kembali ke Bumi.

Baca Juga: Okhotnik dan Eleron, Drone Turunan dari Pesawat Tercanggih Rusia Sukhoi Su-57

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: CGTN


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X