Panasonic Naikkan Kepadatan Energy Baterai pada Tesla Sebesar 20 Persen

- 1 Agustus 2020, 11:00 WIB
Tesla Model 3 /ANTARA News/Tesla Inc

SEMARANGKU - Panasonic Corp merencanakan menaikkan kepadatan energy dari “2170” sel batere yang disuplai pada Tesla Inc sebesar 20% dalam lima tahun dan mengkomersialkan versi bebas kobalt dalam dua atau tiga tahun mendatang.

"Ini adalah pertama kali bagi Panasonic, pemimpin produksi sel baterai untuk produsen kendaraan listrik papan atas Tesla. Mereka menandai sektor yang sangat kompetitif untuk tetap berada di barisan depan diteknologi ini.

Panasonic memperkenalkan sel ion lithium “2170”, dengan kimia katoda nikel-kobalt-aluminium (NCA), untuk Tesla Model 3 pada tahun 2017. Para peneliti mengatakan jika itu telah memiliki kepadatan energi tertinggi di atas 700 watt-jam per liter.

Baca Juga: Xiaomi Mi A2 Lite Resmi Rilis Secara Global, Ini Spek Lengkapnya

Dengan kepadatan yang lebih tinggi, sel-sel ini dapat membantu meningkatkan seberapa banyak kendaraan listrik dapat berjalan dengan sekali pengisian daya, sementara juga membuka jalan bagi baterai yang lebih kecil dan interior mobil yang lebih luas.

Versi bebas kobalt di sisi lain akan mengurangi ketergantungan pada komponen yang mahal, yang membuat baterai stabil tetapi menimbulkan masalah etika mengingat kondisi tenaga kerja di negara produsen utama kobalt di Republik Demokratik Kongo.

CEO Tesla Elon Musk telah lama mengatakan dia ingin pindah ke sel baterai nol-kobalt.

Baca Juga: Sony Vision-S, Mobil Listrik Prototipe Pertama dari Sony

"Panasonic telah memangkas konten kobalt hingga di bawah 5% di katoda NCA dan berencana meningkatkan baterainya secara bertahap," kata kepala divisi baterai kendaraan listrik di AS Yasuaki Takamoto kepada Reuters.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X