SSD Pengganti Hardisk yang Lebih Cepat, Tahan Banting dan Lebih Murah

- 28 Juli 2020, 22:00 WIB
Pemegang rekor dunia harga SSD 100TB dibanderol lebih dari setengah miliar rupiah /Dok. Nimbus Data/

SEMARANGKU – Ketika kebutuhan dihadang dengan dana yang pas pasan untuk membeli laptop dengan harga yang terbilang mahal. SSD adalah solusi bagi anda yang ingin mendapatkan performa laptop atau komputer yang lebih kencang namun dengan anggaran yang pas–pasan.

Sebagian besar orang awam menganggap bahwa SSD itu adalah perangkat yang mahal. Namun anggapan tersebut keliru karena dengan menggunakan SSD dapat membuat perangkat komputer atau laptop anda menjadi terasa lebih mahal.

Dari segi performa yang dihasilkan daripada menggunakan laptop berseri i7 dengan hard disk masih mendingan seri i3 dengan SSD secara keseluruhan.

Baca Juga: NASA Akan Luncurkan Perserevance dengan Misi Mencari Kehidupan di Planet Mars

Apa sih SSD itu? SSD adalah singkatan dari Solid State Drive yang berfungsi seperti Hard Disk untuk menyimpan data di dalam laptop desktop dan komputer.

Dilansir dari Wikipedia Hardisk memiliki kecepatan antara 80–120 MB/second karena masih menggunakan cakram yang bentuknya seperti CD di dalamnya ketika computer memberikan perintah untuk mengambil data yang tersimpan di dalamnya.

Hardisk masih membutuhkan proses untuk memutar piringan dalam mengambil data yang tersimpan di dalamnya.

Baca Juga: Chuwi LarkBox, PC Windows 10 Terkecil di Dunia Performa Sehebat PC Normal

Sementara SSD sudah menggunakan memori dalam menyimpan data dan tidak perlu membutuhkan proses yang lama ketika mengakses data yang diperlukan dalam mengambil data yang tersimpan di dalamnya.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Wikipedia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X