Kamu Tahu Teknologi QR Code, Ini Sejarah Singkatnya, Ternyata Terinpirasi dari Game

- 22 Juli 2020, 11:30 WIB
ILUSTRASI kode respon cepat (Quick Response Code/QR Code).* /PIKIRAN RAKYAT/

SEMARANGKU - Orang semakin beralih ke QR Code (kode respon cepat) untuk mengakses informasi, dan membayar barang dan jasa. Teknologi ini merupakan gagasan seorang insinyur di pabrikan Denso yang berbasis di Aichi.

Kode QR atau QR Code sekarang sudah digunakan di mana-mana sehingga hampir tidak ada hari berlalu tanpa melihatnya. Bagaimana QR Code tercipta, berikut ini sejara singkatnya dari kode Quick Respond tersebut.

Penggunaan QR Code terus meningkat di berbagai bidang. Baru-baru ini bahkan kode-kode tersebut bahkan mulai muncul di batu nisan sebagai bagian dari layanan yang menyediakan informasi tentang almarhum.

Baca Juga: Tiongkok Telah Pindahkan Roket dalam Posisi Siap Luncur ke Mars

Adalah Insinyur Denso Hara Masahiro menemukan kode QR 25 tahun yang lalu. Divisi tempat dia bekerja kemudian dipecah menjadi anak perusahaan bernama Denso Wave, di mana dia sekarang memegang jabatan sebagai chief engineer.

Terinspirasi oleh papan game

Hara mengatakan bahwa perusahaan sebelumnya menggunakan barcode untuk melacak suku cadang, tetapi sistemnya tidak efisien. "Ada lebih dari sepuluh barcode pada satu kotak," kenang Hara.

"Karyawan bosan harus memindai kotak beberapa kali, dan ini membuat kami membuat kode yang memungkinkan sejumlah besar informasi disampaikan dalam satu pemindaian."

Baca Juga: Indonesia Tetap Beli Pesawat Tempur Sukhoi Su-35 Bikinan Rusia, Meski Dilarang Amerika

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Nippon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X