Optimalkan Kawasan Industri di Jawa Tengah, RPJMD Bakal Direvisi, ‘Sugeng Rawuh Investor’

- 21 Mei 2021, 18:45 WIB
KCC Glass yang menjadi pabrik kaca tersebsar se-Asia Tenggara dibangun di Kawasan Industri Terpadu Batang Jawa Tengah dengan nilai investasi Rp5 triliun.
KCC Glass yang menjadi pabrik kaca tersebsar se-Asia Tenggara dibangun di Kawasan Industri Terpadu Batang Jawa Tengah dengan nilai investasi Rp5 triliun. /Dok Humas Pemprov Jateng

SEMARANGKU – Pemprov berencana melakuan revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 agar sejumlah kawasan industri yang tersebar di provinsi ini bisa optimal.

Hingga saat ini, Jawa Tengah masih menjadi primadona investor. Bahkan di tengah pandemi ini, geliat investasi di Jawa Tengah tembus Rp150 triliun.

Investor tersebut tidak hanya dari Perusahaan Modal Asing (PMA) saja, juga Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN).

Geliat investasi tersebut makin moncer setelah Kawasan Industi Terpadu Batang (KITB) sudah mulai dioperasikan. Kemarin, perusahaan asal Korea Selatan membangun pabrik kaca terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi sekitar Rp5 triliun.

Baca Juga: Investasi Rp5 Triliun di Kawasan Industri Batang, Pabrik Kaca Milik Korsel Jadi yang Terbesar se-Asia Tenggara

Selain itu, Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Kawasan Industri Brebes juga sangat seksi di mata investor.

“Sugeng rawuh para investor, Pemprov bersama DPRD Jawa Tengah sedang melakukan perubahan RPJMD untuk mensinergiskan semua kebutuhan pembangunan,” jelas Wakil Ketua Pansus Revisi RPJMD Jateng, Hadi Santoso, Jumat 21 Mei 2021.

Hadi memberikan gambaran revisi yang akan dilakukan selain terkait penyiapan menyambut percepatan ekonomi juga soal besaran potensi pendapatan, prioritas anggaran, target serta sasaran pembangunan tahun 2022 dan 2023.

“Semangat Enterprenuer Government, akan kita dorong agar pendapatan sektornon pajak meningkat, serta prioritas menekan angka kemiskinan dan pengangguran harus muncul dalam revisi RPJMD ini,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Mahendra Smg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x