Cara Sederhana Mengingat dengan Efektif Jika Anda Pelupa

- 24 Juli 2020, 10:30 WIB
ILUSTRASI pria yang sering mengalami lupa.* /Pixabay/

SEMARANGKU - Bagi sebagian orang mengingat adalah suatu hal yang sangat diperlukan ketika menghadapi suatu situasi tertentu, namun ada beberapa orang yang memiliki kelemahan dalam hal mengingat yang mengakibatkan kerugian ataupun menghambat suatu kegiatan yang akan diselesaikan.

Bagi Anda yang pelupa, akan sangat merugikan sekali ketika sedang mempresentasikan sesuatu di pekerjaan ataupun dalam hal yang remeh sekalipun. Bisa juga ketika lupa meletakkan dimana kunci kontak, akan berdampak membatalkan rencana seharian ketika tidak bisa ditemukan.

Ada banyak mitos yang berkaitan dengan mengingat, contoh seperti “Saya adalah orang pelupa, memori saya sangat jelek, ketika anda menganggap susah mengingat sesuatu, mengingat itu sulit dan rumit” itu adalah sebuah mitos–mitos pada umumnya.

Baca Juga: Bersepeda Masih Menjadi Tren Ditengah Pandemi Hanya Saja Sering Kebablasan

Sebenarnya, para memory champion pun terkadang mereka selalu bisa lupa terhadap sesuatu. Ini menandakan bahwa mengingat adalah sesuatu yang bersifat umum, semua orang bisa melakukanya dan tidak diperlukan suatu kejeniusan tertentu, hanya untuk sekedar mengingat.

Perlu diketahui bahwa, mengingat adalah sebuah proses yang harus dilakukan dengan sengaja sebelum kita menggali lebih jauh tentang bagaimana mengingat dengan cepat. Mari kita pahami dulu ada yang namanya ingatan, mengingat dan ada inspirasi, dan kita perlu membedakan tiga hal ini:

  1. Ingatan

Ingatan adalah segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita, baik kita sadari ataupun tidak kita sadari. Yang kita alami dari dulu sampai Sekarang itu disebut dengan ingatan.

Baca Juga: Olahraga Penting untuk Meningkatkan Kemampuan Otak dan Membunuh Zat Penyebab Stress

Apapun itu apa yang kita baca, apa yang kita lihat, apa yang kita alami tersimpan dengan baik ke dalam memori bawah sadar kita, jadi sejatinya manusia sudah memiliki ingatan yang sangat sempurna.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X