Ganjar Pranowo Bungah Dengar Rencana Sandiaga Uno yang Ingin Kembangkan Desa Wisata di Jateng

- 12 Mei 2021, 13:12 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika mengunjungi salah satu desa wisata di Karanganyar.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika mengunjungi salah satu desa wisata di Karanganyar. /Dok Humas Pemprov Jateng

SEMARANGKU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana mengembangkan desa wisata di Jateng.

Acara yang dikemas dalam Gerak Cepat dan Gerak Bersama untuk Desa Wisata dan Desa Wirausaha Jawa Tengah ini membuat bungah Gubernur Ganjar Pranowo.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap melalui acara ini bisa menghadirkan kepulihan ekonomi, kebangkitan pariwisata serta pembukaan lapangan kerja.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Kemenangan 2021 JPG dan PNG Lengkap Cara Membuatnya

Rencana pengembangan desa wisata di Jateng ini muncul saat acara bertajuk 'Sesarengan Kagem Desa Wiyata Lan Kawirausahaan Jawa Tengah', yang digelar Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) secara virtual, Senin 10 Mei 2021.

Sandiaga Uni melihat desa merupakan lokomotif pembangunan bangsa. Sehingga pantas untuk menggerakkan ekonomi di desa-desa.

"Dan Desa Wisata ini adalah salah satu opsi utama. Untuk mengoptimalkannya saya pesan 3C. Commitment, Competence, Champion. Di Kemenparekraf kita ada komitmen. Kita sudah angkat desa wisata sebagai program unggulan kita. Kedua bangun competence, harus sistem yang jalan, nggak boleh hanya Superman, tapi harus ada Superteam. Yang ketiga ada Champion. Di desa itu ada champion-champion sendiri," paparnya.

Baca Juga: BLT BPUM 2021 Tahap 2 Segera Dibuka, Ini Cara Daftar-Cek Penerima UMKM yang Terdaftar di Bank BRI dan BNI

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melontarkan pujian kepada Menparekraf Sandiaga terkait semangat sang menteri membangun desa wisata.

"Pak Menteri, Bang Sandi, terima kasih. Beliau ini rajin banget kalau urusan Desa Wisata, bikin kita semangat bangun desanya dan teman-teman jadi punya energi lebih karena merasa ditemani menterinya," ucap Ganjar.

Dalam acara yang dimoderatori langsung oleh Ketua ADKI, Fikri El Aziz, diluncurkan pula Antologi 30 Desa Wisata dalam buku berjudul: “Jejak Desa Vol.1: Membangun Desa Wisata -Desa Wirausaha” Terkait hal itu, ADKI mengharapkan Desa Wisata jadi lokomotif ekonomi di desa.

Halaman:

Editor: Mahendra Smg


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X