Hari Nowruz, Sebuah Perayaan Seperti Tahun Baru yang Dilakukan Oleh Beberapa Negara di Asia

- 21 Maret 2023, 18:35 WIB
Hari Nowruz, Sebuah Perayaan Seperti Tahun Baru yang Dilakukan Oleh Beberapa Negara di Asia /
Hari Nowruz, Sebuah Perayaan Seperti Tahun Baru yang Dilakukan Oleh Beberapa Negara di Asia / /Pexels/Towfiqu barbhuiya/

SEMARANGKU - Hari Nowruz terjadi pada tanggal 21 Maret yang dirayakan oleh beberapa negara di Asia terutama Iran dan Turki, Irak, dan beberapa negara lainnya.

Nowruz merupakan Tahun Baru Persia. Mengutip dari internationaldays.co (21/02/2023), Nowruz diartikan sebagai hari baru dan menandai awal musim semi serta pembaharuan alam.

Nowruz merupakan tradisi kuno yang telah dilaksanakan lebih dari 3000 tahun, baik di Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Kaukasus, Balkan dan Asia Selatan.

Hari Internasional Nowruz, diumumkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2010, dimana Nowruz dirayakan untuk mengembangkan budaya dan tradisi serta mendorong kesadaran negara PBB untuk mengetahui dan memperingati perayaan ini.

Baca Juga: Putin Diam-Diam Kunjungi Wilayah Garis Depan Perang Rusia-Ukraina, Krimea dan Mariupol

Layaknya Tahun Baru di negara lain, perayaan Nowruz disambut dengan berbagai acara dan hari libur.

Berdasarkan laman Unites Nations (21/03/2023), Hari Nowruz telah masuk dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO di tahun 2016 dan menjadi tradisi budaya yang diamati oleh banyak orang.

Perayaan ini dinilai penting karena membawa nilai-nilai perdamaian, solidaritas, dan bertetangga yang baik.

Dilansir dari internationaldays.org (21/03/2023), Perayaan ini menegaskan akan kehidupan yang selaras dengan alam, kesadaran akan hubungan antara konstruktif dan siklus alam dan bersikap hormat terhadap alam.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x