Laut China Selatan Memanas Setelah AS Kirim 2 Pesawat Bomber

- 29 Mei 2020, 01:32 WIB
Amerika Serikat melakukan manuver dengan pesawat tempur pembom Lancer di wilayah Laut China Selatan. / AFP

Semarangku - Tensi antara negara China dan AS semakin memanas setelah militer AS mengirimkan 2 pesawat Bomber Lancer di atas perairan China-Selatan">Laut China Selatan.

Pesawat dengan kemampuan jelajah jarak jauh ini mencoba bermanuver di wilayah yang sedang menjadi persengkataan antara China (Tiongkok) dan beberapa negara yang berbatasan.

Dengan adanya penerbangan militer ini tensi hubungan ke dua negara antara China dan AS semakin menegang setelah sempat berkonflik soal virus Covid-19. 

Pesawat yang digunakan adalah dua pesawat pengebom Lancer B-1B Bomber milik angkatan udara Amerika. 

Baca Juga: Korban Positif Covid-19 Terus Bertambah, Jawa Timur Paling Tinggi

"Pesawat tersebut dikerahkan dari pangkalan militer AS di Guam untuk mendemonstrasikan kemampuan angkatan udara (US Air Force) beroperasi di mana pun di wilayah hukum internasional," kata Pacific Air Forces di Twitter pada Rabu, 27 Mei 2020, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Stars and Stripes.

Artikel ini sudah tayang di Pikiran rakyat dengan judul: AS Kirim 2 Pesawat B-1B Lancer Bomber ke Laut China Selatan, Perpanas Tensi dengan Tiongkok

Dalam satu bulan ini pesawat tempur AS sudah dua kali bermanuver di wilayah konflik tersebut. Dan pesawat Lancers yang berasal dari Skuadron Bom Ekspedisi ke-9 di Pangkalan Angkatan Udara Dyess, Texas, AS merupakan pasangan kedua yang hadir di kawasan konflik itu.

Meskipun begitu Angkatan Udara AS tidak mempublikasikan semua itu penerbangan dari pesawat B-1B. Sebelumnya pada 29 April 2020, dua pesawat Lancers muncul di China-Selatan">Laut China Selatan selama perjalanan 32 jam dari Pangkalan Angkatan Udara Ellsworth, South Dakota, AS.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Pikiran Rakyat, Stars and Stripes


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X