YES, BLT UMKM BPUM Bisa Cair Meski NIK KTP Tak Ada di eform.bri.co.id/bpum, Ini Syarat dan Caranya

- 19 Desember 2020, 05:50 WIB
Ilustrasi Pencairan BLT UMKM BPUM.*
Ilustrasi Pencairan BLT UMKM BPUM.* /Pixabay/Peggy_Marco

SEMARANGKU – Bantuan BLT UMKM BPUM tetap bisa cair meskipun NIK KTP tak terdaftar di laman eform.bri.co.id/bpum saat dilakukan pengecekan. Begini cara mencairkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta tersebut.

Penerima BLT UMKM BPUM biasanya akan mendapat SMS pemberitahuan jika terdaftar sebagai penerima. Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan melalui laman eform.bri.co.id/bpum melalui smartphone atau PC.

Saat NIK KTP tak terdaftar di laman eform.bri.co.id/bpum, pelaku usaha kecil menenga tetap bisa mencairkan bantuan BLT UMKM BPUM dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, simak penjelasannya.

Baca Juga: Pesan SMS Ini Tanda BLT UMKM BPUM Rp2,4 Juta Cair, Sudah Dapat Belum?

Baca Juga: Menpan RB dan Menteri ATR-BPN Dapat Penghargaan Ini dari Kapolri Jenderal Idham Azis

Bantuan BLT UMKM BPUM sebesar Rp 2,4 juta ini akan kembali disalurkan pemerintah pada tahun 2021 sehingga yang belum mendapat bantuan masih memiliki kesempatan.

Syarat yang harus dipenuhi agar pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan modal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Republik Indonesia nomor 6 tahun 2020. Berikut persyaratannya:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki alamat KTP dan domisili usaha yang berbeda, bisa melampirkan surat keterangan usaha (SKU)
  4. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau kredit usaha rakyat (KUR)
  5. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.
  6. Bukan aparatur sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD.

Baca Juga: Bungker Senjata dan Persembunyian Buronan Upik Lawanga Dibongkar Polri

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali Datang ke Semarang untuk Kritisi Fasilitas Ini

Halaman:

Editor: Meilia Mulyaningrum

Sumber: komite-umkm.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x