Sabtu-Minggu Besok Jateng Kembali Dilanda Cuaca Ekstrem, BMKG Ungkap Penyebabnya

- 26 Februari 2021, 18:56 WIB
Ilustrasi Hujan lebat di 17 provinsi Indonesia /Pixabay/

SEMARANGKU – Masyarakat Jateng diminta waspada karena diperkirakan, pada Sabtu-Minggu, 26-27 Februari 2021 besok akan kembali terjadi cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem bisa terjadi berupa hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir. Potensi terjadinya dampak cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung perlu diwaspadai.

Cuaca ekstrem ini sempat menyebabkan sebagian wilayah di Kota Semarang dilanda banjir. Beberapa diantaranya belum surut hingga Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Pertanyakan Satgas Covid-19, Kasus Aktif di Solo Lebih Tinggi dari Jateng

Baca Juga: Cek Tips Menyembunyikan Jerawat dengan Make Up, Wajah Lebih Bersih

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, cuaca ekstrem akan kembali terjadi pada Sabtu-Minggu besok.

Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada. Terutama di daerah yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor, untuk selalu siaga ketika hujan lebat turun.

Kepala BMKG Jateng, Dwikora Karnawati menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi ini disebabkan karena perkembangan bibit siklon tropis. Terutama, hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang dan kemunculan petir.

Baca Juga: Penasaran Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 atau Tidak? Cek Info Berikut!

Halaman:

Editor: Mahendra Smg


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X