Jateng Ekspor Komoditas ke 36 Negara, Nilainya Sampai Rp400 Miliar, Termasuk Edamame

- 14 Agustus 2021, 19:12 WIB
Pelapasan ekpor komoditas pertanian senilai Rp400 miliar ke 36 negara dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu 14 Agustus 2021.
Pelapasan ekpor komoditas pertanian senilai Rp400 miliar ke 36 negara dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu 14 Agustus 2021. /Dok Humas Pemprov Jateng

SEMARANGKU - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo melepas ekspor komoditas pertanian di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu 14 Agustus 2021.

Dalam acara yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara virtual tersebut Jateng melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp400 miliar ke 36 negara.

Komoditas tersebut terdiri atas sektor perkebunan seperti pala, biji kopi, minyak sawit, gula merah, dan karet lembaran.

Baca Juga: Aplikasi IMACE Permudah Anda Lakukan Ekspor Pertanian, Mentan: Kita Harus Manfaatkan!

Sementara dari sektor tanaman pangan ada edamame, Porang, kacang hijau, dan tepung jagung. Komoditas berikutnya dari sektor hortikultura seperti daun pakis dan ruskus, okra, dried taro leaf, bonsai, bunga melati, kapulaga, kunyit, dan daun cincau.

Tingginya ekspor sektor hortikultura, perkebunan, dan tanaman pangan ini membuktikan bahwa dalam pandemi ini kondisi perekonomian masih tumbuh meskipun serapan tenaga kerja masih belum maksimal.

Menurut Ganjar, hal itu dapat dilihat dari program Merdeka Ekspor dari pemerintah pusat selama sepekan dengan nilai mencapai Rp7 triliun. Artinya dalam sehari rata-rata nilai ekspor Indonesia sebesar Rp1 triliun.

"Komoditas ekspor Jateng juga tinggi dalam periode itu. Kalau ini (Pelabuhan Tanjung Emas Semarang) jadi pelabuhan dengan fungsi hortikultura dan fasilitas diberikan, mudah-mudahan ekspor komoditas pertanian kita jauh lebih banyak," katanya.

Baca Juga: Polda Kalbar Gagalkan 100 Ton Ekspor Rotan ke Malaysia, Ini Penjelasan Polisi

Halaman:

Editor: Mahendra Smg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x