Ada PPKM Kemensos Percepat Salurkan BST Rp600 Ribu dan Beras Bulog 10 Kg, Segera Cek Penerima Pakai NIK KTP

- 26 Juli 2021, 20:30 WIB
Ada PPKM Kemensos Percepat Salurkan BST Rp600 Ribu dan Beras Bulog 10 Kg, Segera Cek Penerima Pakai NIK KTP
Ada PPKM Kemensos Percepat Salurkan BST Rp600 Ribu dan Beras Bulog 10 Kg, Segera Cek Penerima Pakai NIK KTP /Sekretariat Presiden
 
SEMARANGKU - Kemensos berencana percepat bantuan sosial BST sebesar 600 ribu selama PPKM Level 4 penerima bantuan segera gunakan NIK KTP. 
 
Pemerintah secara resmi telah mengumumkan PPKM level 4 dilanjutkan hingga 2 Agustus 2021 dan bansos BST segera dicairkan.
 
PPKM Level 4 dilanjutkan, Kemensos tetap percepat penyaluran BST Rp600 ribu dan beras Bulog 10 kilogram.
 
 
Segera lakukan pengecekan penerima BST Rp600 ribu dan beras 10 kilogram dengan menggunakan NIK KTP. 
 
Kementerian Sosial (Kemensos) percepat salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp600 ribu dan beras Bulog 10 kilogram, selama masa PPKM level 4 dilanjutkan. 
 
Kemensos tetap menyalurkan bantuan BST Rp600 ribu dan beras 10 kilogram sehubungan dengan PPKM level 4 yang dilanjutkan hingga 2 Agustus 2021.
 
Berikut ini cara cek penerima bantuan BST Rp600 ribu dan beras 10 kilogram yang tetap disalurkan oleh Kemensos. 
 
Cara cek penerima bantuan BST Rp600 ribu tambah beras Bulog 10 kilogram dari Kemensos yang disalurkan Juli 2021 melalui cekbansos.kemensos.go.id pakai nomor KTP atau NIK. 
 
 
Sebelumnya, sesuai instruksi Presiden Jokowi, Kemensos diminta mempercepat penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat selama masa PPKM level 4. 
 
"Sesuai arahan Presiden agar kemensos mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk membantu masyarakat rentan yang terdampak pandemi, khususnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, " tulis Kemensos melalui instagram resmi@kemensosri.
 
Bantuan sosial terdiri dari bantuan reguler yang telah disalurkan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Kartu Sembako, serta penambahan Bantuan Sosial Tunai (BST), bantuan beras 10 kilogram. 
 
"Kemensos memastikan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima tambahan beras sebanyak 10 kilogram pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), " tulis Kemensos melalui instagram resmi. 
 
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bantuan BST Rp600 ribu tambah beras Bulog 10 kilogram akan dicairkan kepada penerima manfaat pada Juli 2021. 
 
Sejak awal Juli 2021 melalui instagram resmi kemensos, bantuan BST Rp600 ribu akan disalurkan segera guna mengantisipasi PPKM level 4. 
 
"Seiring dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang akan berdampak di beberapa sektor, Kemensos akan menyalurkan kembali Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp600 ribu, " tulis Kemensos pada akun instagram. 
 
Bantuan BST Rp300 ribu dari Kemensos yang sebelumnya berakhir pada April 2021 lalu, akan disalurkan kembali untuk Mei dan Juni 2021 sekaligus. 
 
Artinya, penerima manfaat bantuan BST Rp300 ribu akan langsung mendapat Rp600 ribu sekaligus dari Kemensos pada saat pencairan Juli 2021. 
 
Kemensos berharap, upaya percepatan penyaluran bantuan BST Rp600 ribu di tambah beras Bulog 10 kilogram ini, dapat membantu kelompok rentan akibat dari dampak pandemi COVID-19. 
 
Adapun langkah mengecek penerima bantuan BST Rp600 ribu tambah beras Bulog 10 kilogram sekaligus dari Kemensos melalui tautan berikut ini. 
 
 
2.Pilih ID, bisa memilih salah satu identitas yang digunakan (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mudahnya gunakan/pilih ID berupa NIK. 
 
3.Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 
 
4.Masukan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). 
 
5.Ketik ulang kode Captcha sesuai dengan tampilan. 
 
6.Langkah terakhir, klik kata 'cari'. 
 
7.Nantinya akan muncul data penerima Bansos Tunai Rp600 ribu dari Kemensos. 
 
Sedangkan mekanisme penyaluran bantuan BST Rp600 ribu dari Kemensos masih tetap sama yakni melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara). 
 
Sedangkan tambahan beras sebanyak 10 kilogram bagi penerima Bansos Tunai dari Kemensos akan disalurkan melalui Bulog. 
 
"Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia, " kata Mensos Tri Rismaharini melalui instagram kemensosri. 
 
Upaya percepatan penyaluran bantuan BST Rp600 ribu tambah beras Bulog 10 kilogram dari Kemensos ini, juga diimbangi dengan adanya pengawasan pada struk belanja bagi penerima manfaat. 
 
Tujuan Kemensos adalah agar bantuan BST Rp600 ribu tambah beras Bulog 10 kilogram nantinya tidak ditemukan pembelanjaan lain selain untuk kebutuhan pokok oleh penerima manfaat. 
 
Kemensos tetap menyalurkan bantuan BST Rp600 ribu dan beras 10 kilogram sehubungan dengan PPKM level 4 yang dilanjutkan hingga 2 Agustus 2021.***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x