Ekspor CBU Suzuki Tumbuh Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Penyumbang Terbesarnya

- 19 Juni 2020, 19:10 WIB
PT SIM mengungkapkan jika ekspor Suzuki CBU meningkat 22 persen ditengah pandemi Covid-19. / SIM
PT SIM mengungkapkan jika ekspor Suzuki CBU meningkat 22 persen ditengah pandemi Covid-19. / SIM /

SEMARANGKU – Kuartal 1 2020 dilalui dengan adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi semua sektor, termasuk industri otomotif. Salah satu dampak paling signifikan adalah penjualan kendaraan.

Namun, di tengah penurunan pasar otomotif, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) berhasil membukukan pertumbuhan positif melalui ekspor Completely Built Up (CBU).

Selama Januari hingga Mei 2020, pertumbuhan ekspor mobil CBU Suzuki lebih tinggi 22% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini membuat ekspor Suzuki secara keseluruhan tumbuh di saat neraca ekspor industri otomotif turun.

 Baca Juga: Lewat Media di Korea, Pelatih Timnas Indonesia Berkomentar Miring Soal PSSI

“Sebetulnya kami optimistis pertumbuhan ekspor mobil CBU Januari-Mei bisa lebih tinggi dari 22%. Tapi mengingat saat ini kita dihadapkan pada pandemi Covid-19 dan penurunan produktivitas dari berbagai sektor, angka itu adalah sebuah pencapaian positif," kata Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM.

"All New Ertiga dan New Carry masih menjadi lini produk yang memberikan kontribusi tertinggi, disusul XL7 yang mendorong ekspor Suzuki tumbuh secara positif,” terangnya. 

 Baca Juga: Valentino Rossi Tes di Mugello, Casey Stoner Sarankan Pensiun Saja

Selama periode Januari sampai Mei 2020, primadona ekspor CBU masih didominasi All New Ertiga yang menjadi kontributor terbesar, yaitu sebanyak 7.880 unit. Peningkatan ekspor juga didukung oleh kontribusi New Carry sebanyak 3.339 unit.

Tak hanya itu, XL7 yang diluncurkan sebagai lini produk baru pada Februari lalu turut mendorong ekspor Suzuki dengan kontribusi sebanyak 2.169 unit. Tahun 2020 ini Suzuki akan mengekspor kendaraan ke lebih dari 50 negara di dunia.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x