Segera Cairkan Bantuan PIP untuk Pendidikan SD Sampai SMA dari Kemdikbud, Berikut Cara Cek Penerima Bantuan

- 13 Desember 2021, 18:49 WIB
Segera Cairkan Bantuan PIP untuk Pendidikan SD Sampai SMA dari Kemdikbud, Berikut Cara Cek Penerima Bantuan
Segera Cairkan Bantuan PIP untuk Pendidikan SD Sampai SMA dari Kemdikbud, Berikut Cara Cek Penerima Bantuan /Tangkap Layar/pip.kemdikbud.go.id



SEMARANGKU - Kemdikbud kembali beri bantuan melalui Program Indonesia Pintar (PIP), bantuan yang diberikan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar.

Bantuan Kemdikbud melalui PIP diberikan kepada peserta didik SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/kurang mampu untuk membiayai pendidikan.

Bantuan PIP merupakan koordinasi Kemdikbud yang dilakukan Dinas Pendidikan dengan Dinas Sosial dalam meringankan beban biaya pendidikan.

Kemdikbud memberitahukan bahwa syarat untuk menerima bantuan PIP maka terlebih dahulu harus mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau kartu identitas yang diberikan kepada Peserta Didik formal/non formal.

Baca Juga: Pencairan Bantuan Dipercepat, Begini Cara Mencairkan Dana PIP Kemendikbud untuk Pelajar Tahun 2021

Berikutnya untuk mengecek penerima bantuan PIP, maka dapat dilakukan melalui laman resmi PIP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) atau pip.kemdikbud.go.id.

Adapun bantuan PIP untuk SD, SMP, dan SMA atau disingkat (PIP Dikdasmen) adalah program yang diperuntukkan bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun.

Kemdikbud menjelaskan bagi penerima PIP Dikdasmen, akan mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat SD, SMP, dan SMA.

Berikut cara mengecek penerima bantuan PIP, dan dapat dilakukan dengan memperhatikan langkah-langkah berikut;

Pertama, buka laman resmi pip.kemdikbud.go.id, kemudian akan muncul pencarian penerima data PIP 'Cari Penerima Data PIP'.

Lalu, setelah berhasil mengakses laman resmi PIP maka tuliskan/isi kolom yang disediakan berupa NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Selanjutnya setelah semua diisi sesuai identitas asli, klik tombol 'Cari'. Dikutip Semarangku.com dari pip.kemdikbud.go.id.

Demikian cara mudah mengecek penerima bantuan PIP dari Kemdikbud, yang dapat dilakukan oleh siswa SD, SMP, SMA, atau mahasiswa. ***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x