Terobosan Baru! Pertamina Bangun 76 SPBU Tenaga Surya, Ada 4 di Kota Semarang

- 14 September 2021, 18:34 WIB
Pertamina membuat trobosan baru dengan membangun SPBU ramah lingkungan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.
Pertamina membuat trobosan baru dengan membangun SPBU ramah lingkungan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. /Pertamina

SEMARANGKU – Pertamina membuat terobosan baru dengan membangun SPBU dengan tenaga surya.

SPBU yang mengusung konsep Green Energy Station (GES) atau ramah lingkungan dan modern ini ada 76 GES yang tersebar di penjuru Indonesia.

Dari 76 titik SPBU ramah lingkungan tersebut, 13 di antaranya berada di area Jateng-DIY. Rinciannya, 4 titik di Kota Semarang, 2 di DIY, 3 di Kabupaten Batang, dan masing-masing 1 titik di Kabupaten Boyolali, Kendal, Sleman, dan Kota Magelang.

Baca Juga: Diresmikan Presiden Jokowi, RS Modular Pertamina Tanjung Duren Rumah Sakit Darurat COVID-19 ke 4

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho menjelaskan, SPBU GES ini merupakan bagian dari komitmen untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan (Go Sustainable).

Menurutnya, konsep ramah lingkungan dan modern yang dihadirkan dalam GES adalah salah satunya terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dalam operasional SPBU.

“Solar PV memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU. Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12.5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional,” tuturnya, Selasa 14 September 2021.

Selain penggunaan sumber energi baru dan terbarukan tersebut, GES juga mengedepankan digitalisasi, baik untuk pemantauan stok BBM maupun dalam transaksi dengan konsumen.

Baca Juga: Info Loker, PT Pertamina Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Fresh Graduate, Cek Disini Jurusan Apa Saja

Halaman:

Editor: Mahendra Smg

Sumber: Pertamina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x