Pentingnya Menjaga Keamanan Akun ShopeePay, Simak Caranya

- 30 September 2020, 13:42 WIB
Berikut ini cara lindungi sevara aman akun Shopee /Shopee/



SEMARANGKU - Keamanan dalam bertransaksi harus terus diperhatikan, terutama di masa PSBB di mana transaksi digital turut mengalami peningkatan. Sebagai pengguna kita harus selangkah lebih cerdas agar tidak mengalami kerugian dari aksi kejahatan cyber.

Oknum tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan berbagai cara untuk mengambil informasi pribadi kita dari ranah digital.

Salah satu uang elektronik favorit masyarakat Indonesia adalah ShopeePay, yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di berbagai gerai offline seperti Alfamart, Superindo, Ramayana, Chatime, dan keperluan belanja di e-commerce Shopee.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Baca Juga: Hal Mengerikan dari Vanuatu, Mulai Negara Kanibal Hingga Tukang Fitnah Indonesia, 7 Fakta Vanuatu

Agar tetap aman saat menggunakan ShopeePay, penting untuk menjaga keamanan akun agar dapat terhindar dari kejahatan cyber. 


Berikut rekomendasi langkah yang dapat diterapkan untuk menjaga akun ShopeePay:

1. Jangan membagi password dan ubahlah secara berkala

Kode sandi diciptakan khusus dan istimewa untuk kepentingan pribadi. Dengan sifatnya ini, lebih baik tidak membagikan password ke saudara sekalipun sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun ShopeePay kita.

Sebagai tambahan, aturlah password yang lebih rumit dan ubahlah secara berkala agar akun tetap aman. Kriteria password yang kuat seperti berikut:
- Tidak mengandung nama pribadi, username atau nama toko
- Terdiri dari setidaknya 8 karakter
- Terdiri dari nomor, simbol (e.g !@#$%^), huruf besar dan huruf kecil

Baca Juga: Shopee Liga 1 Indonesia Diundur, Iwan Bule: Saya Harap Bulan Depan Bisa Digelar!

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

2. Berhati-hati dalam memberikan informasi

Kewaspadaan ini bertujuan untuk menghindari adanya penyalahgunaan informasi dari pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Jangan berikan informasi yang bersifat sensitif kepada pihak manapun. Contoh informasi sensitif antara lain adalah OTP, PIN, password, dan lain-lain.

3. Jangan sembarangan membuka tautan

Banyak tautan jebakan yang disebarkan melalui platform chat dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan. Jika tautan tidak mengandung HTTPS maupun situs resmi, lebih baik jangan diklik karena ada potensi tautan tersebut memiliki virus yang dapat membobol informasi pribadi. Untuk itu bertransaksilah pada situs atau aplikasi terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya di aplikasi Shopee untuk berbelanja dan membayar dengan ShopeePay.

Baca Juga: Shopee Liga 1 Indonesia Ditunda, Pelatih Arema Sayangkan Hal Ini!

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X