Orang Bergolongan Darah O Lebih Aman dari Penularan Virus Covid-19

- 2 Agustus 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi Covid-19. /- Foto: Pixabay/fernandozhiminaicela

SEMARANGKU - Menurut banyak studi yang dipublikasikan ke seluruh dunia selama pandemi, orang dengan golongan darah O mempunyai kesempatan lolos dari infeksi virus Covid-19.  Tetapi orang dengan golongan darah A mungkin lebih rentan terinfeksi virus corona ini.

Setelah pandemi, ada satu pertanyaan yang menjadi teka-teki diantara para dokter dan ilmuwan mengapa ada beberapa orang rentan tertular dan bahkan meninggal dunia oleh penyakit yang disebabkan virus ini ketimbang yang lain?

Beberapa studi telah melakukan penelitian bahwa faktor genetik memainkan kerentanan terhadap penularan virus, dan beberapa lagi jauh lebih spesifik mengaitkan dengan tipe golongan darah.

Baca Juga: Studi Baru: Kekurangan Vitamin D Tingkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Baca Juga: Obat Covid-19 Buatan Fujifilm, Avigan Hadapi Prospek Sulit Setelah Diragukan Khasiatnya

Semua penelitian sampai pada sebuah kesimpulan: Orang dengan golongan darah O lebih jarang terinfeksi virus corona.

Perlu dicatat bahwa studi yang dilakukan organisasi-organisasi terkemuka tidak sepenuhnya ditinjau ulang karena urgensi data, dan yang memperingatkan bahwa data tersebut tak dapat diterima sebagai fakta.

Dua studi berasal dari Wuhan, tempat dimana virus corona bermula, satu penelitian hubungan antara golongan darah dan kerentanan terhadap Covid-19 dan penelitian lain adanya hubungan antara golongan darah dan risiko pneumonia yang disebabkan oleh SARS-CoV-2.

Baca Juga: Breaking News: Pemain Real Madrid Mariano Diaz Dinyatakan Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: The Jarusalem Post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X