Terpukau dengan Dusun Girpasang, Ganjar Pranowo Minta Dikelola Jadi Obyek Wisata

- 1 Agustus 2020, 14:00 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi dan menyerahkan bantuan sembako serta daging kurban untuk warga kampung terisolir di Dusun Girpasang, Tegalmulyo, Klaten, Sabtu (1/8) / Humas Prov Jateng /

SEMARANGKU - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terpukau dengan eksotisme Dusun Girpasang Desa Tegalmulyo kecamatan Kemalang, Klaten. Saat mengunjungi desa terpencil itu untuk membagikan daging kurban, Sabtu (1/8), Ganjar melihat ada potensi wisata yang bisa dikembangkan.

"Ini bagus, bisa dikembangkan jadi destinasi wisata unggulan. Ini keren lho," kata Ganjar.

Dusun Girpasang memang sangat unik. Dusun itu terletak di kaki gunung Merapi itu terpencil dan terpisah oleh jurang cukup dalam dengan desa lainnya. Sehingga, untuk mencapai dusun tersebut, jalan satu-satunya adalah melewati jurang dengan kedalaman sekitar 150 meter.

Baca Juga: Antar Daging Kurban Ganjar Pranowo Rela Jalan Kaki Naik Turun Jurang

Baca Juga: Kabar Baik, Sekolah Akan Segera Dibuka, Ganjar Pranowo Perintahkan Siapkan Skenario Tatap Muka

Jalan meliuk menjadi akses satu-satunya warga untuk masuk ke desa itu. Sebenarnya, warga juga membuat gondola kecil yang menghubungkan antara dua desa, namun gondola itu hanya untuk mengangkut barang.

Sesampainya di dusun, rumah-rumah sederhana penduduk menyambut. Hanya ada 9 rumah di dusun itu, dihuni 12 Kepala Keluarga dan 37 jiwa. Rumah yang didominasi kayu itu begitu eksotis karena berada di ketinggian dengan udara dingin yang menyerang. Belum lagi, sejumlah kandang sapi yang menjadi penghasilan utama warga dusun membuat suasana semakin asri.

"Memang PR saya yang belum selesai soal jembatan di sini. Sebenarnya sudah saya usulkan ke Kementerian dan sudah disetujui, namun karena refocusing anggaran terkait covid-19, ditunda dulu. Saya akan ajukan lagi dan mudah-mudahan tahun depan sudah ada jembatannya," terangnya.

Baca Juga: Trik Tidak Biasa Pada Ban Michelin Membuat Yamaha Mendominasi MotoGP Andalusia

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X