Penataan Masjid Raya Baiturrahman Sesuaikan Lanskap Simpanglima

- 13 Juli 2020, 18:00 WIB
Masjid Raya Baiturrahman Semarang. / Facebook / @baiturrahmansemarang /


SEMARANGKU - Masjid Raya Baiturrahman Semarang akan kembali ditata dan direhabilitasi. Penataan dan rehabilitasi masjid yang berada di kawasan Simpanglima Semarang tersebut tetap akan memperhatikan nilai herritage dan lanskap Simpanglima.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menerima perwakilan Kementerian PUPR dan Ketua MUI dalam rangka pemaparan penataan dan penyusunan DED rehabilitasi Masjid Raya Baiturrahman Semarang di Gedung A Lantai 2, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat.

"Satu, heritage sehingga harus kita pegang betul. Kedua, kita juga harus menjaga lanskap sekitar Simpanglima. Maka kita ingin buka lebih hijau, lebih terbuka, lebih welcome, lebih friendly sehingga nantinya itu bisa menjadi ikon sekitar Simpanglima," katanya.

Baca Juga: Kantor DPRD Jateng Ditutup Setelah Salah Satu Anggota Dewan Meninggal Karena PDP Covid

Rehabilitasi masjid meliputi bagian interior dan ekterior. Bagian interior tidak akan mengalami banyak perubahan karena itu yang merupakan cagar budaya.

Tapi untuk menghilangkan kesan gelap, bagian dalam masjid akan ditambah pencahayaan yang menyorot ke arah plafon berwarna coklat. Bagian dinding juga akan ada sedikit perbaikan dengan mempertahankan herritage-nya.

Sementara untuk bagian eksterior akan ada penambahan plasa yang menggunakan rumput asli bukan sintetis.

Baca Juga: Breaking News, Pol Espargaro Gabung Honda, Temani Marc Marquez Tahun Depan

Plasa itu berada di pintu masuk area masjid dan ditujukan untuk mendukung Lanskap Simpanglima. Lalu ada penggantian pagar besi dengan pagar bunga. Begitu juga dengan menara masjid yang akan diperbaiki total tanpa mengubah struktur asli.

Bangunan penunjang lima sampai enam lantai akan ditambahkan di samping masjid. Bangunan itu akan digunakan sebagai perkantoran termasuk kantor MUI Jawa Tengah dan sekolah. Juga ditambah dua basemen untuk tempat parkir.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X