Serius Tangani Covid-19, Pemprov Jateng Beri Paket Jogo Tonggo Kit ke Seluruh Desa dan Kelurahan

- 13 Juli 2020, 14:00 WIB
Paket Jogo Tonggo Kit Pemprov Jateng. / Humas Provinsi Jateng /

SEMARANGKU - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya melakukan penanganan Covid-19 hingga ke desa-desa. Hal itu dilakukan dengan mendistribusikan ribuan paket Jogo Tonggo Kit ke seluruh desa dan kelurahan yang ada di Jawa Tengah.

Program berbasis pemberdayaan masyarakat itu telah didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/kota ubtuk diteruskan ke desa dan kelurahan.

Paket tersebut berupa APD sipil sebanyak 10 set, sepatu boot 10 pasang, sarung tangan 10 pasang, satu unit sprayer otomatis, masker kain 1000 helai, hand sanitizer 50 liter, disinfektan 30 liter, thermogun, modul (buku petunjuk) dan sebuah tas.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Peringatkan Bupati Brebes Tak Gelar Acara Massal yang Undang Kerumunan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, total ada 8.562 paket Jogo Tonggo Kit yang didistribusikan di desa dan kelurahan di Jawa Tengah.

"Untuk setiap paket Jogo Tonggo nilainya sekitar Rp 8 juta, dari Biaya Tak Terduga (BTT) provinsi. Dan itu sudah sejumlah desa dan kelurahan di 35 kabupaten dan kota di Jateng. Tujuannya sebagai stimulan bagi desa dan kelurahan untuk mengurangi penularan Covid-19 di tingkat perdesaan," ujarnya.

Yulianto menyebut, program Jogo Tonggo Kit tersebut sifatnya stimulan, Pemprov Jateng berharap ada partisipasi pemerintah desa ataupun kelurahan, dalam pengadaannya. Ikut serta dunia usaha atau donatur dalam pengadaan Jogo Tonggo Kit juga dipersilakan.

Baca Juga: Nakes RSUD Moewardi Solo Reaktif Covid-19, Ganjar Pranowo Sebut Mereka Tertular dari Luar

Menurutnya, Jogo Tonggo Kit hanya salah satu aspek untuk mendukung Satgas Jogo Tonggo. Masih ada aspek-aspek lain seperti aspek sosial budaya, hiburan dan lainnya yang perlu dikoordinasikan oleh pemerintah desa atau kelurahan.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X