Berkaca dari Tragedi Kedung Ombo, Gubernur Ganjar Pranowo Minta SOP Seluruh Tempat Wisata di Jateng Diaudit

- 17 Mei 2021, 13:32 WIB
Gubernur Jateng meminta jajarannya untuk melalukan audit terkait SOP wahana di seluruh tempat wisata di provinsi ini.
Gubernur Jateng meminta jajarannya untuk melalukan audit terkait SOP wahana di seluruh tempat wisata di provinsi ini. /Dok Humas Pemprov Jateng

SEMARANGKU - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta seluruh tempat wisata di Jawa Tengah diaudit terkait SOP. Hal ini dilakukan agar tidak lagi terjadi tragedi perahu terbalik di Waduk Kedung Ombo hingga merenggut korban jiwa karena tidak memenuhi SOP.

Dikatakan Ganjar, audit rutin tersebut perlu dilakukan agar diketahui secara pasti perkembangan dan pelaksanaan SOP di tempat wisata.

Terlebih SOP wahana permainan dan spot lainnya apakah dilaksanakan dengan benar atau tidak oleh pengelola.

Baca Juga: Klaster Keluarga Bermunculan di Jawa Tengah Usai Lebaran, Ganjar Pranowo Minta ICU Disiapkan

"Dari audit itu kita harus tahu SOP dilakukan dengan benar dan itu berlaku untuk seluruh wahana yang ada di situ," ucap Ganjar, Senin 17 Mei 2021.

Tidak hanya wahana air saja yang diaudit, lanjut Ganjar, semua tetapi wahana tempat wisat juga perlu dicek kembali SOPnya.

"Umpama tempat selfie apakah konstruksinya bagus, jembatan apakah jembatannya bagus, kalau mereka menggunakan wahana air apakah safety system-nya cukup, peralatan rescue-nya cukup. Ini penting untuk kita evaluasi bersama," katanya.

Baca Juga: LAGI! BST Kemensos 2021 Cair Bulan Mei, Cek Penerimanya Di Sini

Audit SOP di tempat wisata ini dilakukan usai kejadian perahu tenggelam di Waduk Kedung Ombo, Kabupaten Boyolali saat libur Lebaran kemarin.

Halaman:

Editor: Mahendra Smg


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X