Walikota Solo Gibran Pecat Lurah dan Kembalikan Uang Pungli, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Bilang Sperti Ini

- 4 Mei 2021, 17:30 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo apresiasi langkah Walikota Solo Gibran dalam mengurusi masalah pungli dan pecat lurah
Gubernur Ganjar Pranowo apresiasi langkah Walikota Solo Gibran dalam mengurusi masalah pungli dan pecat lurah /Dok Humas Prov Jateng

SEMARANGKU - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meddukung langkah Walikota Solo Gibran yang memecat lurah dan mengembalikan uang hasil pungli.

Langkah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam mendukung Walikota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka yang mencopot lurah yang melakukan pungli cukup bagus.

Selain itu Ganjar Pranowo juga mengapresiasi Gibran yang dengan berani meminta maaf pada rakyatnya serta mengembalikan uang pungli oknum bawahannya itu.

"Saya kira bagus ya, kalau kesadaran dari penyelenggara pemerintahannya seperti itu, maka masyarakat akan merasakan hadirnya negara di tengah-tengah mereka," kata Ganjar, Selasa 4 Mei 2021.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Cek Langsung Pos Penyekatan Larangan Mudik 2021 Pintu Tol Kalikangkung

Ganjar Pranowo mengatakan, ketegasan Gibran mencopot oknum lurah dan mengembalikan hasil pungli ke pedagang merupakan peringatan bahwa aparatur negara tidak boleh menyusahkan rakyat. Aparatur negara adalah pelayan rakyat, dan bukan justru menyulitkan dengan meminta-minta sesuatu.

"Saya ingatkan ya, awas hati-hati sebentar lagi lebaran. Banyak parsel, jangan sampai pejabat minta-minta parsel. Tidak boleh terima itu, itu gratifikasi. Kalau mau kasih, silahkan kasih mereka yang membutuhkan, yatim piatu, pegawai honorer dan lainnya," tegasnya.

Tak hanya Gibran, Ganjar juga melihat hal serupa dilakukan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Beberapa waktu lalu, Bobby juga melakukan hal yang sama, yakni mengambil ketegasan setelah adanya praktik pungli.

"Pak Hendi (Wali Kota Semarang) juga bagus, jadi ini nular kemana-mana, bahkan sampai Kediri. Mas Dhito (Hanindhito-Bupati Kediri) juga sidak parkir liar dan ditindak, pungli dikembalikan semuanya," terangnya.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X