Merinding! Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar Lagi, BPPTKG Langsung Larang Aktivitas Ini

- 17 Januari 2021, 10:47 WIB
Erupsi Gunung Merapi pada Minggu dini hari 17 Januari 2021. Selain Merapi, Gunung Semeru dan Sinabung juga menunjukan aktivitas yang sama.*
Erupsi Gunung Merapi pada Minggu dini hari 17 Januari 2021. Selain Merapi, Gunung Semeru dan Sinabung juga menunjukan aktivitas yang sama.* /Dok BPPTKG

SEMARANGKU - Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar pada hari Minggu, 17 Januari 2021.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu pagi terpantau 36 kali mengeluarkan lava pijar.

Lava pijar di Gunung Merapi tersebut meluncur dengan jarak maksimum 1,5 km menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Baca Juga: Bupati dan Polisi Akan Tangkap dan Karantina Pelajar yang Tidak Pakai Masker, Ini Faktanya!

Baca Juga: Rugi Ratusan Juta, Kelompok Jemaah Haji Ini Ditipu Biro Perjalanan Umrah

Update Gunung Merapi keluarkan lava pijar

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada Minggu pukul 00.00-06.00 WIB, guguran lava pijar Merapi meluncur ke arah barat daya. Keterangan ini diperoleh dari Hanik Humaida selaku Kepala BPPTKG dalam keterangan tulisnya yang dilansir dari Antara News.

Selain mengeluarkan lava pijar, Gunung Merapi juga mengalami 43 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-23 mm selama 12-188 detik dan enam kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3-5 mm selama 5-8 detik.

Baca Juga: Akibat Gelombang Kedua Covid-19, Kasus Bunuh Diri di Jepang Meningkat!

Halaman:

Editor: Risco Ferdian

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X