Virus Covid-19 Merajalela Lagi, Pemain PSIS Semarang Dihimbau untuk Lakukan Hal Ini

- 12 September 2020, 12:32 WIB
Para pemain PSIS Semarang dilarang makan diluar mess dan tidak jajan agar terhindar dari virus Covid-19 / Semarangku / Andri Sanjaya /

SEMARANGKU - Tim medis PSIS Semarang memberlakukan aturan ekstra ketat agar pemain tetap dalam kondisi sehat dan aman dari virus covid-19. Salah satunya pemain tidak boleh jajan sembarangan.

"Terlebih jika keluar mess malah berbahaya untuk kesehatan terkait paparan virus," jelas Dokter tim PSIS Semarang Alfan Nur Asyhar. Dia juga menghimbau agar para pemain PSIS Semarang bisa menjaga pola makan dengan teratur.
 
"Makanan tentu saja sama seperti sebelum pandemi. Sesuai gizi atlet. Diharapkan makan dari mess untuk menghindari beli di luar ataupun tidak sterilnya makanan," bebernya.
 
 
 
Pelatih yang berasal dari Jogjakarta itu mengatakan bahwa pemain juga harus memilih makanan yang tidak terlalu pedas dan masam agar saluran pencernaan terhindar dari iritasi yang berakibat diare.

Jika pemain mengalami diare, hal itu bisa berpengaruh dengan kemampuan fisik mereka yang menurun.
 
"Kalau sudah diare bisa dehidrasi dan menimbulkan gangguan di sistem imun. Jika sistem imun terganggu bisa berbahaya terhadap infeksi kuman. Apalagi latihan masih keras jangan sampai energi kurang terbentuk maksimal sehingga performa latihan menurun," katanya.
 
 
 
Diapun memberi saran agar para pemain lebih baik mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah karena bagus untuk imunitas tubuh serta meningkatkan kadar zat besi sebagai pembentuk haemoglobin darah yang penting untuk atlet.
 
"Istirahat cukup, jangan begadang agar tubuh fit, tidak sakit. Karena fungsi tidur adalah sebagai recharge energi baru dan optimalisasi regenerasi sel tubuh. Sehingga jika istirahat sesuai dan berkualitas maka tubuh lekas bugar kembali dan siap mengenyam semua porsi latihan," tandasnya. ***
 
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X