Fungsi Punuk di Seragam Pembalap MotoGP Awalnya untuk Aerodinamika

- 2 Agustus 2020, 08:30 WIB
Valentino Rossi. / MotoGP /

SEMARANGKU - Jika kita amati, setiap pembalap MotoGP pada wearpacknya terdapat bagian menonjol seperti punuk yang nempel di punggung. Tonjolan itu awalnya untuk aerodinamis pembalap saat melaju namun kini fungsinya bertambah.

Untuk alasan keselamatan dan keamanan, pembalap diwajibkan untuk menggunakan seragam atau wearpack. Wearpack sudah dirancang sedemikian rupa untuk dua alasan yang tersebut.

Dilansir dari News Zing, seragam balap yang dilengkapi dengan punuk di belakang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. John Hinds. Hal tersebut mulai digunakan pada ajang balapan superbike pada akhir 1990-an.

Baca Juga: Tampil Mengesankan di MotoGP Andalusia, Honda Serius ke Takaaki Nakagami, Gantikan Peran Marquez?

Tujuan awal dibuat punuk adalah untuk membantu mengurangi hambatan udara ketika pembalap memacu kendaraannya di lintasan lurus hanya untuk alasan aerodinamika.

Berdasarkan penelitian yang ada, punuk diklaim bisa membantu mengurangi efek turbulensi pada bagian belakang helm dan mengurangi dampak pada pergelangan tangan pembalap saat motor dipacu dengan kecepatan yang tinggi.

Komponen ini juga bisa membantu meningkatkan kecepatan ketika di trek lurus. Ini bisa terjadi karena punuk bisa mengurangi gaya tekan kendaraan.

Baca Juga: MotoGP Andalusia: Yamaha Dipusingkan Daya Tahan Mesin, Dua Seri Jatah Mesin Sudah Habis 

Namun semakin berkembangnya teknologi, punuk di wearpack tidak hanya berfungsi untuk aerodinamika. Komponen ini juga bisa dimanfaatkan untuk menempatkan wadah air minum bagi pembalap.

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X