Trik Tidak Biasa Pada Ban Michelin Membuat Yamaha Mendominasi MotoGP Andalusia

- 30 Juli 2020, 11:30 WIB
FABIO QUARTARARO FRA PETRONAS YAMAHA SRTYAMAHAMotoGP GP Spain 2020 (Circuit Jerez)17-17.7.2020photo: MICHELIN /

SEMARANGKU - Yamaha mendominasi MotoGP Andalusia dengan pertolongan teknis dari Michelin yang direkomendasikan ke seluruh tim.

Pemasok ban untuk MotoGP, Michelin mengirim Email ke semua tim selama seri kedua MotoGP musim 2020 merekomendasikan untuk menggosok ban belakang yang berkompon lunak pada sesi pemanasan pada hari Minggu.

Cara menggosoknya dibagi menjadi tiga putaran: lambat, cepat dan lalu putaran berikutnya secara berulang.  

Baca Juga: Obat Covid-19 Buatan Fujifilm, Avigan Hadapi Prospek Sulit Setelah Diragukan Khasiatnya

Dikutip dari Motorsport, gagasan di balik ini adalah bahwa cara menggosok seperti ini menghilangkan lapisan film dari ban dan setelah dibiarkan mendingin kemudian ditutup dengan selimut ban, reaksi kimia terjadi pada karet.

Ini membuat ban menjadi lebih tahan panas dengan 10 derajat lebih dingin dari biasanya yang mampu meningkatkan daya tahan karet.

Seorang juru bicara dari Michelin menjelaskan, “Dari waktu ke waktu kami membuat rekomendasi kepada tim yang kami yakini dapat membantu mereka, tetapi pilihan terserah tim itu sendiri."

Baca Juga: Tampil Mengesankan di MotoGP Andalusia, Honda Serius ke Takaaki Nakagami, Gantikan Peran Marquez?

"Kamu melakukan semua tiga putaran. Kemudian Anda membiarkan ban terbuka dengan pemanas agar dingin. Setelah dingin, Anda menutupinya lagi sampai saat balapan. Prosedur ini membuat senyawa lebih tahan panas dan dapat mengurangi suhu hingga 10 derajat."

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Motorsport


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X