Liverpool Tetap Juara Premier League Tanpa VAR, Dianggap Sering Untungkan Tim Besar di Liga Inggris

- 30 Juli 2020, 09:00 WIB
TEKNOLOGI VAR pertama kali diperkenalkan pada awal musim ini di Liga Primer Inggris setelah sebelumnya beberapa liga dan kompetisi melakukannya lebih dulu. /DOK. LIGA PRIMER INGGRIS

SEMARANGKU - Premier League musim 2019/2020 sempat diwarnai kontroversi seputar Video Assistent Referee (VAR). Bahkan, VAR juga mempengaruhi hasil-hasil pertandingan beberapa tim peserta termasuk sang juara Liga Inggris, Liverpool.

Tapi bagaimana klasemen Liga Inggris jika tanpa VAR?. VAR mulai dipergunakan di Premier League pada musim ini. Meski cukup membantu namun keberadaan VAR cukup sering menimbulkan kontroversi.

Disebutkan, GiveMeSport mengidentifikasi semua keputusan yang dianulir oleh VAR dan kemudian cuma memakai keputusan di atas lapangan untuk coba mengukur dampaknya ke hasil akhir.

Baca Juga: Jarang dimainkan Liverpool, Dejan Lovren Gabung Zenit St. Petersburg

Baca Juga: Manchester United Tawar Jadon Sancho dengan Nilai 80 Juta Dollar

Contohnya, jika ada gol yang dianulir VAR, tetap dianggap gol dan berupaya untuk melihat seberapa jauh gol itu mengubah hasil dalam laga. Terlepas dari apakah keputusan akhir tepat atau tidak.

GiveMeSport mengakui bahwa hal itu tak lepas dari 'sedikit menebak', sehingga sulit untuk menyebutnya sebagai sesuatu yang ilmiah, tapi tetap menarik untuk melihat seberapa besar dampak VAR ke klub tertentu.

Yang menjadi perhatian apakah Liverpool tetap tampil sebagai juara Liga Inggris tanpa adanya VAR. Bukan apa-apa, di awal musim ini si Merah sering dianggap sebagi tim yang diuntungkan oleh VAR.

Baca Juga: Kabar Baik, Sekolah Akan Segera Dibuka, Ganjar Pranowo Perintahkan Siapkan Skenario Tatap Muka

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: Give Me Sport


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X