Olimpiade Tokyo 2020 : Rio Waida Lewati Tantangan Kedua Cabor Surfing Hadapi Kanao Igarashi

- 25 Juli 2021, 17:45 WIB
Olimpiade Tokyo 2020 : Rio Waida Lewati Tantangan Kedua Cabor Surfing Hadapi Kanao Igarashi
Olimpiade Tokyo 2020 : Rio Waida Lewati Tantangan Kedua Cabor Surfing Hadapi Kanao Igarashi /Instagram @riowaida

SEMARANGKU - Olimpiade Tokyo 2020 wakil Indonesia peselancar Rio Waida ini pada babak kedua di Tsurigasaki Surfing Beach, Chiba, Jepang siang tadi pukul 11.40 WIB.
 
Di babak kedua Rio Waida akan bersaing dengan 4 peselancar lain rebutkan posisi Top Three sekaligus eliminasi untuk nomor men's shortboard di Olimpiade Tokyo 2020.
 
Usai babak pertama Rio Waida tempati urutan ketiga di bawah Lucca Mesinas (Peru) yang langsung melangkah ke babak ketiga atau 16 besar, diikuti Kolohe Andino (AS) di urutan kedua di heat 3 babak pertama cabor Surfing Olimpiade Tokyo 2020.
 
 
Rio Waida tim Surfing di Olimpiade Tokyo 2020
Rio Waida tim Surfing di Olimpiade Tokyo 2020 Instagram/ @timindonesiaofficial
 
Pada laga lanjutan Cabor Surfing Olimpiade Tokyo 2020 di heat 1 babak kedua, peselancar Indonesia 21 tahun ini berhasil merangsek di posisi kedua total nilai 11,53. Ada kemajuan dibanding ketika berlaga di babak pertama dengan catatan nilai 9,96. 
 
Sedangkan urutan pertama digapai John Alexander Florence (AS) total nilai 12,77. Dan, terakhir posisi ketiga ditempati Billy Stairmand (Selandia Baru) dengan selisih nilai 0,19 dari perolehan nilai Rio Waida di urutan kedua.
 
Kemudian, Rio Waida akan mulai bertanding kembali di babak ketiga Cabor Surfing. Atlit asal Bali ini turun di nomor men's shortboard bersaing dengan peselancar tuan rumah Kanoa Igarashi pada heat 1 babak ketiga pukul 9.48 WIB.
 
 
Kanoa Igarashi lawan peselancar Indonesia ini sebelumnya meraih medali perak di kejuaraan dunia SurfCity El Salvador pada juni lalu. 
 
Di sisi lain, ini merupakan debut bagi Rio Waida di kancah Olimpiade, sekaligus menjadi momen spesial buat diri Rio Waida di Jepang, sebab negara ini di mana ia lahir dan tumbuh.
 
Namun, sejak Rio Waida berusia 5 tahun, ia pindah tempat tinggal di Bali, Indonesia. Seusai memastikan tiket lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 di kejuaraan dunia SurfCity El Salvador 2021. 
 
Uniknya cabor Surfing atau Selancar Ombak ini sedang melakukan debut perdana Olimpiade di Tokyo 2020.
 
Sebelumnya tahun 2016, Komite Olimpiade Internasional mengusulkan menambah cabor baru untuk event Olimpiade berikutnya sekaligus menjaring penonton yang lebih muda usia.
 
Semoga Rio Waida bisa berikan terbaik di cabor surfing Olimpiade Tokyo 2020. ***
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X