Indonesia Hadapi Bencana Hidrometeorologi, Fenomena La Nina, Gempa Bumi dan Tsunami, Ini Kata Luhut

- 15 Oktober 2020, 06:35 WIB
Fenomena La Nina Sebabkan Bencana Hidrometeorolog selain itu Indonesia juga ada ancaman gempa bumi dan tsunami. /Pexels/Andre Furtado /

SEMARANGKUBMKG telah mengungkapkan Indonesia berpotensi hadapi bencana hidrometeorologi yang disebabkan karena fenomen La Nina, serta ancaman gempa bumi dan tsunami, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan langsung berkomentar.

Baru-baru ini BMKG menyelenggarakan rapat koordinasi nasional (rakornas) terkait potensi bencana hidrometeorologi akibat adanya La Nina, serta bahasan ancaman gempa bumi dan tsunami, rapat tersebut tepatnya diselenggarakan pada 7 Oktober lalu.

Selain Menko Luhut, hadir sejumlah pihak terkait mulai dari Dirjen dari Kementerian Dalam Negeri hingga sejumlah pemerintah daerah yang daerahnya berpotensi mengalami bencana akibat fenomena La Nina.

Baca Juga: Nekat! Marissa Haque Sandingkan Pemerintahan Jokowi dengan Penjajahan Belanda, Ini Kata Fadli Zon!

Baca Juga: Tak Kalah Menggiurkan dari Insentif Kartu Prakerja, Ini Manfaat JPS Jaring Pengaman Sosial, Daftar!

Dalam rapat tersebut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan urgensi dari rakornas tersebut menyusul BMKG dan sejumlah pusat layanan iklim beberapa negara mengonfirmasi terjadinya fenomena La Nina.

Fenomena La Nina yang terpantau menyebabkan peningkatan curah hujan seiring dengan dimulainya awal musim hujan pada bulan Oktober dan November ini akan menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti gempa bumi dan tsunami.

Lebih lanjut Dwikorita mengajak semua pihak untuk mempersiapkan diri untuk menghadapai hal yang sudah di depan mata tersebut.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Rp1,2 Juta Cair ke 400 Ribu+ Orang, Ini Cara Cek Penerima via SMS dan WA

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: BMKG


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X