Hati-hati! IMEI Ilegal Diblokir Pemerintah, Cek Milikmu Disini

- 16 September 2020, 06:50 WIB
IMEI Ilegal Diblokir Pemerintah /Unsplash/Drew Coffman

SEMARANGKU – Regulasi dari pemerintah terkait pengendalian terhadap Interntional Mobile Equipment Identity (IMEI) pada perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) resmi berlaku sejak Selasa, 16 September 2020 pukul 22.00 WIB.

Dilansir Semarangku dari Antara News, Pemberlakuan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI.

Kebijakan pemerintah terkait pengedalian IMEI tersebut melibatkan berbagai pihak. Baik dari pihak pemerintah maupun swasta.

Baca Juga: SOAL DAN JAWABAN TVRI HARI INI Rabu, 16 September 2020, Kelas 4-6 SD: Profesi dan Jenis Usaha

Baca Juga: SOAL DAN JAWABAN TVRI HARI INI Rabu, 16 September 2020, Kelas 1-3 SD: Sahabat Pelangi

Dari pihak pemerintah yang ikut terlibat antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Sedangkan dari pihak swasta yang turut mendukung meliputi seluruh operator telekomunikasi seluler.

Terhitung mulai dari diberlakukannya peraturan tentang pengendalian IMEI tersebut, sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) yang berperan sebagai pusat pengolahan informasi IMEI yang telah dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) berfungsi untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register dari 5 operator.

Maka, bila masyarakat akan membeli perangkat HKT sebaiknya terlebih dahulu memastikan IMEInya tercantum pada kemasan perangkat tersebut. Serta melakukan pengecekan terhadap IMEI perangkat yang dibeli melalui link berikut: https://imei.kemenperin.go.id.

Baca Juga: SOAL DAN JAWABAN TVRI HARI INI Rabu, 16 September 2020, Kelas 1-3 SD: Sahabat Pelangi

Halaman:

Editor: Risco Ferdian

Sumber: Antara News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X