Tips dan Trik Rawat Gigi dan Mulut Agar Sehat dan Tidak Bau

- 25 Juli 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi Gigi dan Mulut / Pixabay /
 
SEMARANGKU- Kesehatan diri adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Salah satu nya adalah kesehatan gigi dan mulut. Bagaimana cara rawat Gigi dan mulut agar sehat dan tidak bau, karena setiap harinya gigi dan mulut digunakan untuk mengolah makanan agar dapat masuk kedalam tubuh. 
 
Sehingga tanpa kita sadari ada beberapa kandungan di makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan tersebut bisa mengahasilkan nafas yang bau, gigi yang kuning, gigi bolong dan lainnya.
 
Hal ini pasti akan sangat menyusahkan. Adanya rasa tidak percaya diri karena nafas yang bau, gigi yang kuning, belum lagi jika terasa sakit karena gigi yang bolong sehingga sulit untuk makan.
 
 
Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk melindungi dan menjaga mulut dan gigi dari zat-zat yang berbahaya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips dan trik bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut dikutip dari akun YouTube Dokter Gigi TV:
 
1.  Sikat gigi minimal 2x sehari
 
Perlindungan yang paling penting adalah menggosok gigi anda minimal 2x sehari. Gosok gigi anda pada saat pagi hari atau setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan biarkan gigi anda dalam keadaan kotor pada saat anda tertidur. Hal ini bisa menyebabkan gigi bolong dan ngilu.
 
2. Pilih sikat gigi yang tepat
 
Pastikan sikat gigi yang anda gunakan sesuai dengan ukuran rongga mulut kalian dan juga dapat mencapai gigi bagian belakang. Perhatikan juga bulu-bulu sikat pada sikat gigi. Pastikan bulu-bulunya halus sehingga tidak melukai gusi.
 
 
3. Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride
 
Fluoride sendiri adalah mineral yang dapat mencegah gigi anda agar tidak berlubang.
 
4. Bersihkan sela gigi dengan Dental Floss
 
Membersihkan gigi dengan sikat gigi belum tentu dapat mencapai bagian sela-sela gigi. Jadi pastikan kalian membersihkan sela-sela gigi menggunakan Dental Floss sehari sekali.
 
5. Jangan merokok
 
Dengan merokok, gigi anda akan memiliki plak dan karang gigi yang banyak. Plak biasanya menempel pada gigi dan berwarna coklat. Selain meninggalkan plak dan karang, dengan merokok nafas anda juga bisa menjadi bau.
 
 
6. Batasi menggunakan obat kumur
 
Jangan terlalu sering menggunakan obat kumur dam pastikan obat kumur kalian tidak mengandung alkohol.
 
7. Batasi makanan yang manis dan lengket
 
Makanan yang manis dan lengket ini pasti meninggalkan banyak jejak di gigi. Jika sering mengkonsumsi makanan yang manis di khawatirkan gigi akan bolong. Pastikan juga jika setelah memakan makanan yang manis dan lengket gunakan obat kumur.
 
 
8. Bersihkan lidah
 
Selain untuk membersihkan gigi, sikat gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan lidah. Dengan rajin membersihkan lidah, dijamin nafas anda tidak akan bau.
 
Cara untuk membersihkan lidah adalah dengan menyikat perlahan dari pangkal lidah hingga ujung lidah. Sikat satu arah saja, jangan lakukan dengan bolak-balik. Bakteri justru malah akan masul kedalam mulut.
 
9. Periksakan ke dokter 6 bulan sekali
 
Dan yang terakhir adalah periksakan keadaan gigi anda ke dokter minimal 6 bulan sekali. Jangan hanya periksakan gigi pada saat sedang sakit saja atau sedang bermasalah.
 
Justru jika mengetahui adanya masalah pada gigi lebih awal, perawatan yang akan dilakukan akan lebih mudah dan murah.
 
 
Jadi selalu pastikan gigi dan mulut kalian terjaga kesehatan dan kebersihannya.***
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X