Pakai Masker Terlalu Lama Bisa Timbulkan Masalah pada Kulit, Berikut Solusi dan Penjelasann

- 23 Juli 2020, 21:30 WIB
Ilustrasi warga memakai masker di timur London, April 2020. /TOLGA AKMEN/AFP
 
SEMARANGKU - Anjuran pemakaian masker dari pemerintah, saat beraktivitas di luar rumah, tentunya akan di patuhi oleh semua masyarakat. Apalagi di waktu sekarang ini, dengan merebaknya virus Corona yang setiap harinya, pasien yang terpapar selalu bertambah.
 
Mengenai hal itu, ternyata ada fakta menarik saat terlalu lama menggunakan masker, tentunya permasalahan terhadap kuilt wajah. Seperti dijelaskan Vitresa Zamri salah satu Dokter Spesialis Kulit dan kelamin ini.
 
Adanya permasalahan saat terlalu lama memakai masker, pada jenis kulit yang berminyak dan kering, apalagi pada saat orang yang aktivitasnya selalu di luar rumah.
 
 
Berikut penjelasan dan solusinnya, untuk kulit berminyak dan kering, dari Dokter Vitresa Zamri pada saat kegiatan seminar edukasi dengan tema "Adaptasi Gaya Baru: Cara Baru Gaya Hidup, Cara Baru Saling Jaga" dilansir dari Antaranews.
 
Kulit berminyak, merupakan jenis kulit yang cenderung mudah sekali berjerawat, apalagi jika di tambah lagi dengan memakai masker terlalu lama, akan menambah dan mempercepat pertumbuhan jerawat.
 
"Memakai masker terlalu lama akan membuat kulit menjadi panas, lembab, serta keringat, sehingga memicu terkumpulnya kotoran dan kuman di area masker, dan jerawat akan mudah sekali tumbuh, apalagi di bawah rahang yang tertutup masker, jerawat akan mulai tumbuh jika terlalu lama memakai masker," sebutnya.
 
 
Untuk jenis kulit kering, kulit jenis kering merupakan jenis kulit yang mudah sekali iritasi, jika terlalu lama menggunakan masker akan membuat kulit semakin kering, sehingga akan mudah iritasi, terutama pada bagian pinggiran masker.
 
Solusi bagi pemilik kulit berminyak, salah satunya, harus sering melakukan cuci wajah secara teratur menggunakan sabun, sesuai dengan tipe kulit pada wajah, namun bagi wajah yang berjerawat, lepas masker terlebih dahulu, lalu bersihkan wajah dengan toner, agar sisa kotoran terangkat, bila perlu menggunakan Double cleansing.
 
"Namun, jika pada kulit sudah terlihat ada jerawat, segeralah lakukan pengobatan, namun, jika jerawat sudah terlalu banyak dan infeksi, saya menyarankan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut", jelasnya.
 
 
Solusi untuk jenis kulit kering, kulit berjenis kulit kering ini cenderung sangat mudah sekali iritasi, untuk itu, jangan lupa sering mencuci wajah dengan sabun khusus untuk kulit sensetif, juga disertai pula dengan memakai pelembab kulit sesuai dengan jenis kulitnya.
 
"Untuk jenis kulit kering, pelembab wajah sangatlah penting", terangnya.
 
Selain wajah, perawatan terhadap tangan sangatlah penting, apalagi dimasa pandemi saat ini, namun perlu diketahui juga, mencuci tangan menggunakan detergen dan antiseptik terlalu banyak lama lama akan mengikis lapisan barrier sehingga menimbulkan kulit tangan menjadi retak dan pecah, sehingga terasa menjadi tidak nyaman, bahkan juga terasa perih.
 
 
"Saya menyarankan untuk selalu mencuci tangan secara rutin, dan jika sehabis mencuci tangan saya anjurkan untuk memakai pelembab, agar kulit tangan tidak terasa kering. ***

Editor: Heru Fajar

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X