Panduan Saat Bertemu Dengan Kerabat Di Era Kebiasaan Baru

- 9 Juli 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi era Kebiasaan Baru. / Pixabay /
 
SEMARANGKU - Saat ini, beberapa perusahaan di Indonesia sudah mulai memperbolehkan karyawan nya untuk bekerja.
 
Beberapa pusat perbelanjaan, cafe, dan restoran pun juga sudah mulai beroperasi.
 
Tapi, tetap saja kita harus Berhati-hati karena virus corona belum hilang sepenuhnya. Pemerintah pun juga menganjurkan kita jika bepergian atau bertemu dengan orang lain kita harus tetap berhati-hati.
 
 
Dikutip dari Instagram Kementrian Kominfo yaitu @kemenkominfo, ada beberapa panduan jika kita ingin bertemu dengan orang lain atau saat kita berada diluar rumah.
 
Yang harus dilakukan adalah
 
1. Hindari berjabat tangan
 
Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia jika bertemu dengan kerabat pasti berjabat tangan. Namun karena kedaan masih belum stabil, lambaikan tangan atau lakukan tos siku saja ya.
 
 
2. Gunakan masker
 
Hal ini sangat penting dilakukan. Saat mengobrol dan menyapa pun tetap harus gunakan masker ya.
 
3. Duduk berjarak minimal 1 meter
 
Baik dengan kerabat ataupun dengan orang yang tidak kenal kita harus memberi jarak sebanyak 1 meter. Beberapa tempat umum juga sudah memberikan tanda sebagai simbol jarak yang harus ada diantara satu orang dengan yang lainnya.
 
 
4. Antre dengan teratur
 
Saat sedang mengantre entah di kasir ataupun saat ingin menaiki transportasi umum tetap beri jarak dengan orang yang ada di depan kita maupun di belakang kita ya.
 
5. Utamakan menggunakan uang digital
 
Saat kita akan membayar sesuatu dan terjadi pertukaran uang itu bisa jadi berbahaya. Kita tidak tahu uang itu sudah dari tangan siapa saja. Virus corona juga dapat tertular dari uang. Maka dari itu utamakan menggunakan uang digital.
 
 
6. Membawa alat makan sendiri
 
Maksud dari alat makan ini adalah sendok,garpu, dan sedotan stainless. Bisa jadi alat makan yang ada di restoran tempat kalian makan kurang bersih untuk digunakan.
 
7. Bersihkan tangan sebelum dan sesudah makan
Kita tidak tau kuman dan bakteri apa saja yang menempel ditangan kita. Jika kita tidak mencuci tangan ditakutkan bahwa ternyata tangan kita terdapat virus nya.
 
 
Nah itu tadi panduan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kominfo. Diterapkan ya.***
 

Editor: Heru Fajar

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X