Begini Tips Memilih Sepeda yang Pas untuk Para Goweser Pemula

- 3 Juli 2020, 08:05 WIB
Sepeda lipat United, (kanan) CORA 9S, (kiri) QUEST C1.02. //Laman United
 
SEMARANGKU- Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi trend masyarakat Indonesia. Apalagi setelah Indonesia menyatakan diberlakukannya new normal, masyarakat berbondong-bondong berolahraga dengan bersepeda. 
 
Banyak juga masyarakat yang tidak bersepeda kini memiliki hobi bersepeda. Tentunya mereka harus memilih sepeda yang tepat untuk mereka gunakan.
 
Dilansir dari Fixindonesia.com, jika merasa bingung memilih sepeda, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu kepada teman yang sudah memiliki pengalaman.
 
 
Untuk memudahkan para pemula, Ketua Ikatan GOweser (i-Go) Unpad Dr. med. Setiawan, membagikan tips memilih sepeda yang cocok.
 
Dia mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan bersepeda. Jika hanya untuk ikut-ikutan trend saja lebih baik memilih yang praktis semisal sepeda lipat.
 
"Memang di situasi sekarang yang banyak pilihan sepeda lipat karena lebih praktis dan bisa dibawa dan dipakai semua orang karena bisa diatur tinggi rendahnya sadel sehingga sesuai penggunanya," ujarnya saat dihubungi Fixindonesia, Senin 29 Juni 2020.
 
Artikel ini sudah tayang di FixIndonesia.com dengan judul: Ini Tips Memilih Sepeda yang Cocok untuk Pemula
 
 
Dia menerangkan jika ingin menjajal trek yang lebih menantang seperti jalur pegunungan atau tanjakan sebaiknya memilih mountain bike (MTB). MTB didesain untuk trek yang lebih sulit, bahkan jenis MTB pun banyak variannya.
 
"Pilihlah tipe sepeda ada mountain bike, road bike ada sepeda lipat sesuaikan dengan kebutuhan seperti apa. Tujuan mau jajal berbagai rute tentu lebih cocok mountain bike nanti juga berkembang banyak tipenya," katanya.
 
Selain sepeda model kekinian, Setiawan mengungkapkan ada juga sepeda klasik seperti onthel. Namun menurutnya, apapun sepedanya yang terpenting adalah terus bersepeda demi kesehatan.
 
 
"Banyak pilihan termasuk onthel juga silahkan sesuai kebutuhan seperti apa, yang penting terus bersepeda dilakukan," sebutnya.
 
Disinggung terkait bersepeda saat ini yang tengah trend, Setiawan mengatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Dia juga berharap agar trend ini bisa terus berlanjut menjadi gaya hidup sehat di masyarakat perkotaan.
 
"Tapi wajar kalau sekarang pada trend dulu, karena orang gak suka kalau belum di mulai. Kalau sudah mulai merasakan sekali dan nyaman senang bisa jadi kebiasaan juga," katanya.
 
 
Dia mengingatkan kepada masyarakat ketika bersepada untuk tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.
 
"Saat Covid ini harus perhatikan protokol kesehatan hindari daerah yang banyak resiko kerumunan. Maksimal 5 orang atau hanya anggota keluarga inti serta pilih daerah sepi dengan begitu bisa aman melakukan kegiatan sepeda," pungkasnya. ** (Faqih Rohman Syafei / Fix Indonesia)
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X