Apakah Ibu Hamil atau Menyusui Boleh Berpuasa? Mari Simak Penjelasannya Lengkap dan Hadis Terkait

- 23 Maret 2023, 10:15 WIB
Apakah Ibu Hamil atau Menyusui Boleh Berpuasa? Mari Simak Penjelasannya Lengkap dan Hadis Terkait
Apakah Ibu Hamil atau Menyusui Boleh Berpuasa? Mari Simak Penjelasannya Lengkap dan Hadis Terkait /Freepik/prostooleh/

SEMARANGKU - Menurut beberapa hadis yang shahih, seorang ibu hamil atau menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa jika khawatir terhadap kesehatannya atau kesehatan bayinya.

Jika ibu hamil atau menyusui merasa tidak mampu untuk berpuasa, maka dia dapat menggantinya di kemudian hari setelah masa melahirkan atau menyusui selesai,

Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan ibu dan bayi serta kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dan ibu hamil atau menyusui.

Baca Juga: Tiga Amalan Pokok Bulan Ramadhan Menurut Ustadz Adi Hidayat, Salah Satunya Perbanyak Sedekah

Namun jika ibu hamil atau menyusui merasa mampu dan tidak khawatir terhadap kesehatannya dan bayinya, maka dia dianjurkan untuk tetap berpuasa.

Salah satu hadis yang menyatakan hal ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Abdullah bin Abbas. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda,

"Seorang wanita hamil atau menyusui jika khawatir terhadap dirinya sendiri atau bayinya, maka dia diperbolehkan untuk tidak berpuasa."

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Maka jika seseorang berusaha (berpuasa), maka (pahalanya) atas dirinya sendiri. Dan jika seseorang tidak mampu, maka Allah tidak membebani dirinya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Fitriyatur Rosidah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah