Jepang BikinJet Tempur Canggih untuk Hadapi Tiongkok dan Korea Utara

- 12 Juli 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi pesawat tempur. / pexels /

SEMARANGKU – Jepang baru saja mengumumkan rencana untuk membangun salah satu pesawat jet siluman paling canggih di dunia, dengan teknologi generasi ke 6.

Pesawat bermesin ganda ini diproyeksikan untuk mengambil alih peran kebutuhan pertahanan udara penting negara itu pada dekade mendatang.

Melansir laman CNN, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kepada anggota Diet, parlemen negara itu, bahwa pesawat ini akan mulai diproduksi pada tahun fiskal 2031.

 Baca Juga: 15 Orang Meninggal Dunia dan 13 Hilang Setelah Longsor dan Banjir di Jepang

Pesawat ini akan menggantikan peran dari ratusan jet tempur F-2 dan F-16 milik Jepang yang sudah menua dan ketinggalan teknologi.

Anggaran pertahanan 2020 negara itu menyisihkan lebih dari 28 miliar yen untuk program pembuatan pesawat yang dikenal sebagai Program Pesawat Tempur F-X ini.

Bukan hanya jet siluman, anggaran ini juga termasuk untuk mengembangkan pesawat tanpa awak yang bisa menunjang performa jet siluman tersebut. Sebuah teknologi yang juga dikembangkan di Australia dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Ancaman Terbesar Amerika Disebut Oleh FBI Adalah Tiongkok

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono menuturkan pembangunan armada tempur baru ini diperlukan demi menunjang kapabilitas angkatan udara menanggapi sejumlah provokasi terutama yang dilakukan pesawat militer Tiongkok di dekat wilayah Jepang.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: CNN


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X