Kanselir Jerman Tolak Undangan Trump Untuk Hadiri KTT G7 di Amerika

- 30 Mei 2020, 18:07 WIB
Kanselir Jerman, Angela Merkel. / AFP / Markus Schreiber

SEMARNGKU - Kanselir Jerman Angela Merkel menolak undangan Presiden Trump untuk menghadiri pertemuan G7 secara langsung di Amerika Serikat. Usia yang rentan terpapar virus menjadi salah satu alasan utama penolakan ini.

Juru bicara Pemerintah Jerman mengatakan jika Kanselir Jerman Angela Merkel tidak akan menghadiri pertemuan puncak secara langsung dengan para pemimpin G7 di Amerika Serikat.

Meskipun Presiden AS Donald Trump telah bersedia untuk menjadi tuan rumah, namun ada kekhawatiran atas pandemi virus corona yang saat ini masih menjadi ancaman global.

Baca Juga: Minnesota Membara Dilanda Kerusuhan, WNI di Amerika Dikabarkan Aman

Awalnya pertemuan para pemimpin dari Kelompok Tujuh (G7), yang dipimpin Amerika Serikat tahun ini sebenarnya telah dijadwalkan untuk berkumpul secara langsung di Camp David, di negara bagian Maryland. Namun dengan adanya COVID-19 maka acara dibatalkan dan telah dijadwalkan untuk melakukan pertemuan secara video conference akhir Juni ini.

Trump sendiri pekan lalu mengatakan bahwa ia dapat mengadakan pertemuan besar, di Gedung Putih atau Camp David.

"Sampai hari ini, mengingat situasi pandemi keseluruhan, dia tidak bisa menyetujui partisipasi pribadinya untuk melakukan perjalanan ke Washington," kata juru bicara itu, membenarkan laporan sebelumnya di situs Politico.

Baca Juga: Gara-Gara Covid-19 Tentara Amerika Harus Berlatih Perang Lewat Game

"Kanselir berterima kasih kepada Presiden Trump atas undangannya ke KTT G7," tambahnya seprti dilansir dari AFP.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: AFP


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X