Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, Jubir Menlu China Ngamuk dan Beri Peringatan: Berhenti Bermain Api!

- 24 November 2021, 08:56 WIB
Ilustrasi kapal perang, Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, Jubir Menlu China Ngamuk dan Beri Peringatan: Berhenti Bermain Api!
Ilustrasi kapal perang, Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, Jubir Menlu China Ngamuk dan Beri Peringatan: Berhenti Bermain Api! /Reuters/Maxim Shemetov

SEMARANGKU - Kapal perang Amerika Serikat (AS) baru-baru ini kembali melewati selat Taiwan hingga membuat pihak China ngamuk.

China menyebut tindakan kapal perang AS yang melewati selat Taiwan dapat memicu ketegangan usai kedua Presiden negara tersebut bertemu.

Karena diketahui bahwa Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menggelar sebuah pembicaraan di awal bulan ini.

Baca Juga: Kapalnya Diblokir China di Laut Natuna Utara, Kepala Pertahanan Filipina Beri Komentar Begini

Diketahui bahwa kapal perang AS yang lewati selat Taiwan baru-baru ini adalah kapal perusak peluru kendali kelas Arleigh Burke USS Milius.

Hal ini bukan yang pertama dilakukan kapal perang AS, karena sebelumnya juga pernah melewati selat Tauwan tersebut hingga membuat China marah.

Tak hanya dari AS, beberapa kapal perang dari berbagai negara seperti Kanada, Prancis, Australia, hingga Inggris juga pernah melewati selat Taiwan.

Baca Juga: Kapal Filipina Dimeriam China, Amerika Serikat Ngamuk Hingga Menlu AS Beri Peringatan Begini

Pihak China juga telah protes atas tindakan yang dilakukan beberapa negara Eropa tersebut.

Halaman:

Editor: Risco Ferdian

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X