Menlu Korea Selatan Minta China Ambil Bagian dalam Upaya Perdamaian dan Denuklirisasi Korea Utara

- 3 April 2021, 17:36 WIB
Ilustrasi nuklir: Menteri Korea Selatan berharap China berperan dalam ciptakan hubungan damai antara Korea Selatan dan Utara serta denuklirisasi Korea Utara
Ilustrasi nuklir: Menteri Korea Selatan berharap China berperan dalam ciptakan hubungan damai antara Korea Selatan dan Utara serta denuklirisasi Korea Utara / Pixabay/distelAPPArath

SEMARANGKU – Menteri luar negeri Korea Selatan meminta China untuk ambil bagian dalam upaya perdamaian dan denuklirisasi Korea Utara, ini katanya.

Pada Sabtu, 3 April 2021, Menlu Korea Selatan mengungkapkan harapannya bahwa China agar ikut berperan dalam menciptakan perdamaian antara Korea Selatan dan Utara.

Menlu Korea Selatan mengundang China untuk berkunjung ketika Amerika Serikat dan sekutunya setuju untuk terus mendorong denuklirisasi Korea Utara.

"Korea Selatan dan China memiliki tujuan yang sama menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea dan menuju kebijakan perdamaian permanen," kata Chung Eui-yong seperti dikutip oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: BKKBN Akan Lakukan Pendataan Keluarga Tahun 2021 pada Bulan April dan Mei, Ini yang Perlu Disiapkan

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem di Sebagian Wilayah di Indonesia dalam Seminggu ke Depan

Chung menyampaikan undangan kepada Presiden Xi Jinping untuk berkunjung ke negaranya ketika COVID-19 sudah stabil.

Chung bertemu pada hari Sabtu dengan Anggota Dewan Negara Wang Yi, diplomat tertinggi pemerintah China, di kota Xiamen, China, sebagai bagian dari kunjungan pertama seorang menteri luar negeri Korea Selatan ke China sejak 2017.

Wang mengatakan China dan Korea Selatan telah sepakat "untuk mempromosikan proses penyelesaian masalah politik di sekitar Semenanjung Korea," lapor Yonhap.

Halaman:

Editor: Meilia Mulyaningrum

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X