4 Revolusi yang Cukup Berpengaruh di Dunia, Hingga Menyebabkan Perang Dingin

- 15 September 2021, 08:19 WIB
4 Revolusi yang Cukup Berpengaruh di Dunia, Hingga Menyebabkan Perang Dingin
4 Revolusi yang Cukup Berpengaruh di Dunia, Hingga Menyebabkan Perang Dingin /Pixabay

SEMARANGKU – Revolusi merupakan proses perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat serta menyangkut kehidupan masyarakat setempat. Namun revolusi sendiri cukup relatif mengenai cepat lambatnya. Tapi disebut cepat karna mampu mengubah situasi social dengan cepat.

Atau revolusi juga dikenal upaya merobohkan, menjebol, dan membangun dari sistem yang lama menuju yang baru. Indonesia juga merupakan salah satu dari banyak bangsa yang hadir dengan cara revolusi.

Revolusi dapat berpengaruh bagi keadaan sosialnya di daerahnya dan bahkan ada beberapa revolusi yang sangat berpengaruh kepada dunia. Berikut beberapa revolusi yang cukup berpengaruh kepada dunia.

Baca Juga: Media Australia Tulis: Rizieq Shihab Mantan Buron Kasus Porno Pulang untuk Tegakkan Revolusi Moral

1. Revolusi Prancis

Revolusi ini terjadi pada tahun 1789 – 1799 dimana para rakyatnya lelah dengan sistem pemerintahan Feodalisme atau monarki yang dimana terjadi kesenjangan sosial. Para rakyatnya berhasil menggulinkan raja Prancis dan mengeksekusinya pada saat revolusi dan mengganti sistem negaranya dengan republik yang bertahan hingga sekarang.

Revolusi Prancis ini sangat berpengaruh sekali, karenanya banyak bangsa yang terpengaruh oleh revolusi Prancis. Mulai dari bangsa Eropa yang mayoritas menganut sistem Monarki hingga Hindia Belanda yang ingin melakukan Revolusi menjadi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kisah Nyata, Australia Pernah Berperang Melawan Sekelompok Burung Emu dan Kalah

2. Revolusi industri pertama

Halaman:

Editor: Risco Ferdian

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X