Liburan ke Banyuwangi dan Solo Makin Nyaman, KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru Gunakan Kereta Ekonomi New

- 16 Juni 2024, 20:12 WIB
Liburan ke Banyuwangi dan Solo Makin Nyaman, KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru Gunakan Kereta Ekonomi New Generation
Liburan ke Banyuwangi dan Solo Makin Nyaman, KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru Gunakan Kereta Ekonomi New Generation /

SEMARANGKU - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation untuk KA Blambangan Ekspress dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Ketapang Banyuwangi Pp dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng- Solobalapan Pp mulai Rabu 19 Juni 2024.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa perubahan kereta ini merupakan wujud peningkatan layanan KAI untuk memenuhi kebutuhan dan masukan dari pelanggan yang tetap relevan dengan perkembangan zaman.

KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. “Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 80 tempat duduk, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, mulai Rabu 19 Juni 2024 diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 72 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak lagi berhadapan,” jelas Franoto.

Dengan jumlah kapasitas tempat duduk yang hanya 72 kursi ini akan memperluas leg-room atau ruang untuk kaki pelanggan saat duduk di kursi kereta. Jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk.

Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). KAI secara bertahap akan memodifikasi kereta ekonomi jenis long seat berhadapan tegak lurus, menjadi kereta ekonomi new generation sampai dengan tahun 2025.

“Dengan beroperasinya kereta ekonomi new generation ini, merupakan upaya yang KAI lakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Harapannya, semoga dapat meningkatkan animo masyarakat menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” pungkas Franoto.

Adapun jadwal perjalanan KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang- Ketapang Banyuwangi yaitu berangkat Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 18.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 04.55 WIB. Untuk relasi Ketapang Banyuwangi – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 19.35 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 06.05 WIB.

Sedangkan untuk jadwal perjalanan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solobalapan yaitu berangkat Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 07.50 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 09.55 WIB. Untuk relasi Solo – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 10.40 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 12.42 WIB.

Editor: Muh Adi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah