Penjualan McDonald's Secara Global Turun Akibat Lockdown dan Pandemi Covid-19

- 30 Juli 2020, 10:30 WIB
McDonald's Sarinah akan ditutup mulai Minggu 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.*
McDonald's Sarinah akan ditutup mulai Minggu 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.* /Twitter @McDonald_ID/



SEMARANGKU - McDonald's mengumumkan ada penurunan penjualan secara global dan ekspetasi laba yang meleset karena banyak restorannya tutup akibat pandemi Covid-19, sehingga hanya membatasi layanan pada drive-thru dan pengiriman.

Hasilnya kini saham perusahaan waralaba burger yang berbasis di Chicago merosot lebih dari 2,5%.

Penjualan toko yang sama secara global turun 23,9% pada kuartal kedua, terseret oleh pasar internasional besar termasuk Inggris, Prancis dan Amerika Latin.

Baca Juga: Obat Covid-19 Buatan Fujifilm, Avigan Hadapi Prospek Sulit Setelah Diragukan Khasiatnya

Analis telah memperkirakan penurunan 23,24%, menurut data IBES dari Refinitiv.
Dilansir dari Reuters, di Amerika Serikat, di mana perusahaan mengoperasikan lebih dari sepertiga restorannya, penjualan restoran yang sama turun 8,7% tetapi lebih baik daripada angka penurunan yang telah diperkirakan sebelumnya yaitu sebesar 9,97% , karena sebagian besar lokasi dapat tetap buka dengan opsi drive-thru dan pengiriman.

Pada tele conference dengan para investor, para eksekutif bernada hati-hati tetapi mencatat bahwa penjualan bulan Juli di AS telah meningkat dan harus berakhir "sedikit positif" selama sebulan penuh.

"Mewakili kinerja kami karena McDonald's telah belajar untuk menyesuaikan layanan kami dengan lingkungan baru ini," kata Chief Executive Officer Chris Kempczinski.

Baca Juga: Dari ABBA Sampai Avicii, Bagaimana Swedia Bisa Mendominasi Musik Pop Dunia

Restoran McDonald's berjuang untuk mengatasi dinamika yang berubah dan perilaku konsumen karena krisis kesehatan, memaksa mereka untuk menyederhanakan menu dan sebagian besar beralih ke pesanan online dan seluler untuk pengambilan di lokasi, pengiriman dan drive-thru.

Ketika lockdown dilonggarkan, penjualan meningkat dan kerugian tidak seburuk itu, memberikan beberapa optimisme untuk rebound yang terukur.

Halaman:

Editor: Heru Fajar

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x