Hadapi Gelombang PHK, Tantangan Bidang Ekonomi Pasca Pandemi

- 2 Juni 2020, 12:10 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Jawa Tengah Denty Eka Widi Pratiwi meminta pemerintah memfokuskan program yang berpihak kepada kelompok rentan di masa pandemi berlangsung. / Semarangku / Asriyani

SEMARANGKU - Pandemi Covid - 19 telah menciptakan perubahan pola hidup masyarakat secara drastis. Pemaparan kasus pada tanggal 26 Mei 2020 di Indonesia berjumlah 22.750 orang, dengan 5.642 orang dinyatakan sembuh dan 1.391 orang meninggal. Angka global juga menunjukkan 213 negara telah terserang wabah ini.

Tercatat 5.590.376 orang dinyatakan positif Covid -19, dengan angka meninggal mencapai 347.915 orang pada tanggal 26 Mei 2020. Kendati angka kesembuhan menunjukkan tren kenaikan, bukan berarti semua negara dapat bernafas lega.

Tantangan demi tantangan menjadi hal yang perlu diperhatikan setelah era pandemi ini. Selain persoalan kesehatan, perekonomian masyarakat juga harus menjadi perhatian penting. Pemerintah harus mereview sejumlah kebijakan termasuk program pengentasan kemiskinan yang sudah disusun sebelum pandemi terjadi.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Jawa Tengah Denty Eka Widi Pratiwi meminta pemerintah memfokuskan program yang berpihak kepada kelompok rentan di masa pandemi berlangsung.

Baca Juga: Mall Ciputra Semarang di Kabarkan Akan di Jual ? Hoaks atau Bukan!

Dia mengakui, gelombang PHK yang cukup besar telah terjadi sehingga harus dilakukan pendataan ulang terkait angka pengangguran dan keluarga dengan ekonomi rentan.

"Saya banyak mendapatkan informasi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dengan ribuan buruh terdampak Covid - 19 dan mengalami PKaHK massal. Database tentang korban PHK ini harus dimiliki pemerintah dan mendapatkan perhatian yang besar sebagai bahan kajian untuk penentuan kebijakan," ungkapnya.

Seiring terjadinya pandemi, kata Denty, di Jateng juga tengah dilaksanakan sejumlah pembangunan ekonomi berskala nasional. Pembangunan pabrik di beberapa daerah, dan rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Brebes saat ini sudah dalam tahap dimatangkan.

Baca Juga: Warga Semarang Indah Care Bagi 4.110 Paket Sembako ke Masyarakat

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X