BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro, Jadi Catatan Sejarah UMKM Indonesia

- 13 September 2021, 12:54 WIB
BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro Jadi Catatan Sejarah UMKM Indonesia
BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro Jadi Catatan Sejarah UMKM Indonesia /BRI/

SEMARANGKU - Hari ini BRI catatkan sejarah UMKM Indonesia, kini BRI Resmi menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro.

Sekarang Holding Ultra Mikro yang melibatkan tiga entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM resmi terbentuk.

Hal ini seiring dilakukannya penandatanganan Akta Inbreng saham pemerintah pada Pegadaian dan PNM sebagai penyertaan modal negara kepada BRI selaku induk holding di Jakarta, 13 September 2021.

Baca Juga: Menjadi Sponsor BRI Liga 1 2021, Dirut BRI Analogikan Sepak Bola Mirip Miniatur Organisasi

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir bersama dengan Direktur Utama BRI Sunarso, dan dihadiri oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, dan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi serta Wakil Direktur Utama BRI yang sekaligus sebagai Ketua PMO (Project Management Office) Tim Privatisasi BRI Catur Budi Harto.

Milestone bersejarah bagi UMKM ini tidak mengubah porsi kepemilikan pemerintah atas saham pengendali di BRI. Di sisi lain, setelah holding terbentuk, negara tetap memiliki satu lembar saham merah putih seri A atau golden share di Pegadaian dan PNM.

Sebelumnya pembentukan Holding Ultra Mikro telah mendapat persetujuan dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan pada 5 Februari 2021, Ketua Komite Privatisasi pada 17 Februari 2021, dukungan dari parlemen yakni Komisi XI dan Komisi VI DPR RI pada 16 Maret & 18 Maret 2021, dan telah diikuti dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) No 73/2021 tentang Penyertaan Modal Negara (PMN) BRI tanggal 2 Juli 2021.

Baca Juga: BRI One Culture Menjadi Kunci Keberhasilan Saat Integrasi Ekosistem Ultra Mikro Kian Dekat

BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro
BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

Halaman:

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x