Kemensos ‘Bersih-bersih’ Data DTKS Penerima Bansos PKH, BST, BPNT Buka Aplikasi Ini untuk Cek Namamu

- 22 April 2021, 20:27 WIB
Perkenalan New DTKS.
Perkenalan New DTKS. /dok. Kemensos.go.id

SEMARANGKU – Kemensos lakukan ‘pembersihan’ data DTKS penerima bantuan sosial atau bansos PKH, BST, dan BPNT.

Untuk meningkatkan integritas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS, terdapat aplikasi baru bernama New DTKS.

Dengan demikian, para penerima bansos PKH, BST, dan BPNT dapat membuka aplikasi New DTKS untuk mengecek datanya.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Rabu, 21 April 2021.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Pranowo Hampir Saja Dipukul Kakek Ini di Panti Asuhan

Ditambahkan Risma, pihaknya telah menonaktifkan lebih kurang 21 juta data ganda. “Kita melakukan pengontrolan data. Jadi kami kemarin sudah berkomunikasi dengan BPK, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian, kami menidurkan 21,156 juta data,” ujarnya.

Ke depan, New DTKS akan ditetapkan sekurangnya setiap bulan guna memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Ditambahkan Risma, data New DTKS tersebut dapat diakses oleh publik melalui aplikasi berbasis web di https://cekbansos.kemensos.go.id/. Melalui laman ini data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses dapat diakses oleh siapa saja.

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai) dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya,” ujar Mensos.

Halaman:

Editor: Meilia Mulyaningrum

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x