Hoax atau Fakta Jika Cuka Apel Bisa Berbahaya Untuk Kulit

- 5 Juli 2020, 08:05 WIB
Ilustrasi Sari Cuka Apel. /Pexels
 
SEMARANGKU - Dengan banyaknya pengguna media sosial, masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk membuat video di YouTube atau bahkan artikel yang memberikan tips-tips tentang berbagai hal.
 
Salah satunya adalah tips tentang kecantikan atau yang paling sering dicari banyak orang adalah tips untuk menghilangkan jerawat.
 
Jika kalian mencari artikel tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami, yang sering muncul adalah dengan menggunakan cuka apel.
 
 
Sebenernya apa sih cuka apel itu?
 
Cuka apel adalah sebuah fermentasi dari apel yang dihancurkan dan diperas sehingga menghasilkan cairan dimana cairan tersebut ditambah dengan bakteri dan ragi. 
 
Gula yang terkandung dalam apel akan diubah menjadi alkohol. Nah alkohol ini nanti akan diubah menjadi cuka oleh bakteri. 
 
 
Sebelumnya kita bahas dulu nih manfaat dari cuka apel menurut Dr. Valentino yang disampaikannya melalui YouTube channel nya yaitu youtube.com/drValentino.
 
Manfaat dari cuka apel sendiri adalah:
 
1. Dapat menurunkan gula darah
2. Membantu menurunkan berat badan
3. Cholesterol & Trigliserida
4. Anti jamur
5. Anti bakteri
 
 
Mungkin yang di pikirkan oleh orang-orang tentang cuka apel yang bermanfaat sebagai jerawat terdapat pada manfaat yang terakhir yaitu anti bakteri.
 
Anti bakteri tersebut efektif terhadap bakteri E.coli dan Staphylococcus aureus. Padahal pada faktanya, bakteri tersebut bukan merupakan masalah utama yang menyebabkan wajah berjerawat. 
 
Nah, efek samping dari penggunaan cuka apel ini adalah kulit kalian akan terbakar dan iritasi. 
 
 
Bahkan ada kasus dimana seorang remaja kulitnya terbakar setelah mengikuti tutorial menggunakan cuka apel.
 
Dan juga seoerti apa yang telah disampaikan dr. Valentino bahwa National Capital Poison Center atau NCPC tidak merekomendasikan cuka untuk luka.
 
Untuk itu, sebelum kalian mencoba mengaplikasikan sesuatu ke kulit kalian, ada baiknya kalian mencari tau dulu efek samping apa yang akan kalian dapatkan. Sekalipun bahan tersebut adalah bahan alami ya. Jadi cuka apel bisa berbahaya bagi kulit adalah fakta karena bisa bikin kulit iritasi. ***
 

Editor: Heru Fajar

Sumber: YouTube


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X